Loading...
INDONESIA
Penulis: Sotyati 07:22 WIB | Kamis, 11 Juni 2015

Pengamat: Kepala BIN Perlu Kuasai Dunia Cyber

Boni Hargens. (Foto: Dok satuharapan.com.Elvis Sendouw)

SOLO, SATUHARAPAN.COM - Pengamat politik Boni Hargens menilai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) ke depan perlu menguasai pengetahuan dunia cyber untuk mengantisipasi serangan-serangan nonkonvensional.

"Intelijen kita bukan hanya bagaimana bereaksi terhadap isu berkembang, tapi terhadap perang nonkonvensional yang berbasis teknologi cyber," ujar Boni Hargens dijumpai seusai menghadiri acara temu relawan di kediaman Presiden RI Jokowi di Solo, Rabu (10/6) malam.

Boni mengaku telah mendengar kabar pengajuan nama Letjen (Purn) Sutiyoso sebagai calon Kepala BIN oleh Presiden Jokowi.

Menurutnya Sutiyoso yang kini merupakan Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), merupakan jenderal dari masa lalu yang harus diakui belum terbiasa menguasai teknologi-teknologi dalam dunia intelijen.

Dia mengusulkan ada penguatan di level birokrasi dalam BIN itu sendiri, diperlukan tenaga muda yang menguasai dunia cyber. "Karena sekarang kita bicara soal pemberantasan mafia pajak, migas, dan lain-lain, yang menguasai data transaksi keuangan kita itu negara lain, ya Singapura, Australia, Selandia Baru, dan sebagainya," ujar Boni.

Dia menekankan agar intelijen negara harus bisa memahami tantangan itu sehingga Indonesia tidak perlu lagi menerima tekanan dari negara lain. (Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home