Loading...
INDONESIA
Penulis: Sotyati 15:44 WIB | Senin, 09 Juni 2014

Pengasuh Lirboyo KH Idris Marzuki Tutup Usia

KH Idris Marzuki. (Foto: Antara/Arief Priyono)

KEDIRI, SATUHARAPAN.COM - Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur, KH Idris Marzuki tutup usia setelah dirawat di Rumah Sakit dr Sutomo, Surabaya, akibat sakit komplikasi yang dideritanya.

"Beliau sudah sering masuk keluar rumah sakit, dan terakhir dua hari ini dirawat, hingga wafat," kata Gus Reza, salah seorang kerabat saat dihubungi lewat telepon seluler, Senin (9/6).

Pihaknya mengatakan, kondisi fisik KH Idris Marzuki (74) memang lemah, akibat sakit yang dideritanya. Walaupun sering dirawat di rumah sakit, KH Idris tidak mengeluh.

Ia juga mengatakan, keluarga besar juga menemani saat KH Idris dibawa ke rumah sakit. Bahkan, sejumlah keluarga juga langsung ke Surabaya, ketika diberi tahu kondisinya semakin lemah. "Saya juga dari Kediri menyusul ke Surabaya," ucapnya.

Pihak keluarga, kata dia, saat ini masih merundingkan kapan KH Idris akan dimakamkan. Keluarga berencana memakamkan di tempat pemakaman keluarga di lingkungan pondok pesantren.

Sementara itu, jenazah KH Idris Marzuki saat ini sudah dibawa keluarga ke Kediri. Keluarga berencana segera memakamkan jenazah, walaupun masih menunggu beberapa anggota keluarga lainnya.

KH Idris merupakan salah seorang kiai yang ditokohkan di Kediri. Ia cukup dekat dengan berbagai kalangan, termasuk kalangan pejabat pemerintah. Bahkan, KH Idris juga termasuk salah seorang kiai deklarator berdirinya PKNU.

Wafatnya pengasuh PP Lirboyo Kediri ini meninggalkan duka mendalam bagi sejumlah santri serta alumni di pondok pesantren tersebut.

"Saya mendapatkan kabar lewat pesan singkat, kalau beliau wafat. Semoga husnul khotimah," kata Umam, salah seorang alumni.

Pada 2012, KH Imam Yahya Mahrus yang juga pengasuh di PP Lirboyo, wafat.

Sementara, sehari sebelum wafatnya KH Idris Marzuki, mustasyar PBNU KH Chotib Umar, ulama dari Jember juga wafat. Ulama kharismatik tersebut wafat pada usia 74 tahun di RSD dr Soebandi, Jember.(Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home