Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 16:51 WIB | Sabtu, 19 November 2022

Pengembangan Senjata Iran Ancaman bagi Eropa dan Timur Tengah

Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen. (Foto: dok. Reuters)

MANAMA, SATUHARAPAN.COM-"Proliferasi senjata" Iran adalah ancaman bagi Eropa, Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen memperingatkan pada hari Jumat (18/11), mengisyaratkan sanksi lebih lanjut terhadap Republik Islam Iran.

Teheran bekerja sama dengan sekutu terbesarnya, Rusia, untuk merusak “tatanan global kita” dengan menyediakan senjata seperti drone, katanya pada konferensi Dialog Manama, Bahrain.

 “Beberapa negara Teluk telah memperingatkan selama bertahun-tahun tentang risiko Iran memberi makan negara-negara nakal di seluruh dunia dengan drone,” kata von der Leyen di Bahrain.

“Kami membutuhkan waktu terlalu lama untuk memahami fakta yang sangat sederhana bahwa sementara kami bekerja untuk mencegah Iran mengembangkan senjata nuklir, kami juga harus fokus pada bentuk lain dari proliferasi senjata, dari drone hingga rudal balistik.”

“Ini adalah risiko keamanan bukan hanya untuk Timur Tengah, tapi untuk kita semua,” tambahnya.

Pada hari Senin, Uni Eropa menjatuhkan sanksi pada lebih dari 30 pejabat dan organisasi senior Iran dengan atas tindakan keras yang sedang berlangsung terhadap pengunjuk rasa di Republik Islam itu.

Teheran telah memperingatkan tanggapan "proporsional dan tegas" terhadap UE atas sanksi yang diperluas.

Tetapi von der Leyen mengisyaratkan sanksi lebih lanjut terhadap Iran, yang menyaksikan protes besar-besaran setelah kematian Mahsa Amini yang berusia 22 tahun setelah penangkapannya karena diduga melanggar aturan berpakaian Iran untuk perempuan.

“Kami sedang berkoordinasi dengan mitra dan sekutu untuk mengambil sanksi lebih lanjut terhadap Iran menanggapi proliferasi drone Iran,” kata von der Leyen.

Iran telah mengakui bahwa mereka mengirim drone ke Rusia tetapi bersikeras bahwa mereka dipasok ke sekutunya sebelum invasi Moskow ke Ukraina.

Militer Ukraina mengatakan telah mencatat 26 drone kamikaze bersama dengan 111 serangan rudal Rusia pada hari Selasa, ketika Moskow, menghadapi kerugian yang semakin besar di darat, meningkatkan serangan terhadap infrastruktur energi.

Dengan "bekerja sama", von der Leyen mengatakan Iran dan Rusia "merusak aturan dasar dan prinsip tatanan global kita".

“Ini adalah resep untuk campur tangan asing terus-menerus, untuk kekerasan dan ketidakstabilan yang tidak pernah berakhir. Dan kami tidak bisa menerima ini. Dan kami tidak akan menerima ini,” katanya.

Von der Leyen menambahkan bahwa Eropa telah mengganti sebagian besar gas Rusianya dengan pasokan dari sumber yang “dapat diandalkan”.

“Penyimpanan kami penuh pada 95 persen, dan kami aman untuk musim dingin ini. Tantangan kami adalah musim dingin tahun depan,” katanya. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home