Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 08:37 WIB | Selasa, 04 Maret 2014

Pengerahan Militer Rusia Sah, Mantan Presiden Yanukovich yang Meminta

Wakil Tetap Rusia untuk PBB Vitaly Churkin. (Foto: voiceofrussia.com)

PBB, SATUHARAPAN.COM - Rusia telah menerima permintaan melalui surat permohonan dari mantan Presiden Ukraina Viktor Yanukovich supaya menggunakan angkatan bersenjata Rusia untuk pemulihan tatanan konstitusional di negaranya, kata Wakil Tetap Rusia untuk PBB Vitaly Churkin pada Dewan Keamanan PBB. 

Vitaly Churkin menyatakan hal tersebut dalam pertemuan darurat guna membahas krisis di Ukraina atas permintaan Rusia di Dewan Keamanan PBB pada Senin (3/3).

"Presiden Rusia telah menerima permohonan tersebut dari Presiden Ukraina Viktor Yanukovich," kata Churkin, mengutip sebuah surat dari pemimpin Ukraina yang menyatakan bahwa "peristiwa di Maidan, pengambilan kekuasaannya di Kiev adalah ilegal dan membuat Ukraina di ambang pintu perang saudara.

"Dalam hubungan ini saya berpaling ke Presiden Rusia Vladimir Vladimirovich Putin dengan permintaan untuk menggunakan angkatan bersenjata dari Federasi Rusia untuk pemulihan aturan hukum, perdamaian, hukum dan ketertiban, stabilitas dan perlindungan dari penduduk Ukraina," kata Churkin membaca surat bertanggal 1 Maret.

Setelah membaca, Churkin menunjukkan surat tersebut kepada para anggota Dewan Keamanan PBB dan memberikan fotokopi surat permohonan dari Yanukovich.

Kemudian Churkin mengatakan bahwa tindakan Rusia di Ukraina adalah "sepenuhnya memadai dan sah. (voiceofrussia.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home