Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 01:24 WIB | Rabu, 30 September 2015

Pengungsi di Eropa Lampaui Setengah Juta Jiwa

Seorang pria Afghanistan berdiri bersama pengungsi dan imigran lainnya saat tiba di pulau Lesbos Yunani setelah melintasi Laut Aegea dari Turki pada 29 September 2015. Lebih dari setengah juta imigran dan pengungsi menyeberangi Mediterania menuju Eropa sepanjang tahun ini - yang 383.000 di antaranya tiba di Yunani, kata PBB. (Foto: AFP)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM - Lebih dari setengah juta imigran dan pengungsi berhasil menyeberangi Laut Mediterania sejak awal tahun ini hingga akhir September, 383 ribu jiwa di antaranya tiba di Yunani, menurut laporan PBB, hari Selasa (29/9). 

Pada periode yang sama, sekitar 2.980 orang tewas atau hilang saat mengarungi perairan Mediterania, menurut laporan badan urusan pengungsi PBB UNHCR. 

UNHCR melaporkan jumlah imigran yang tiba di Eropa melalui laut mencapai hampir 515 ribu orang sejak 1 Januari, dengan 54 persen di antaranya merupakan warga negara Suriah dan 13 persen dari Afghanistan, tujuh persen dari Eritrea, tiga persen dari Irak, tiga persen Nigeria, tiga persen dari Pakistan, dua persen dari Somalia, dan dua persen dari Sudan. Sedangkan sebanyak 69 persen pengungsi tersebut adalah laki-laki, 18 persen anak-anak dan 13 persen perempuan

Sementara itu, 71 persen imigran dan pengungsi yang tiba di Yunani berasal dari Suriah. 

Konflik bersenjata selama empat tahun terakhir di Suriah memaksa sekitar empat juta rakyat negara tersebut mengungsi ke luar negeri dan lebih dari tujuh juta jiwa menjadi pengungsi di negara mereka sendiri. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home