Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 15:59 WIB | Sabtu, 26 September 2015

Pemerintah Finlandia Kecam Serangan Rasis terhadap Pengungsi

Ilustrasi: Imigran dan pengungsi melintasi perbatasan antara Yunani dan Makedonia di dekat kota Gevgelija pada 11 September 2015. Sekitar 7.600 imigran memasuki Makedonia dalam 12 jam terakhir. (AFP PHOTO/ Robert Atanasovski)

HELSINKI, SATUHARAPAN.COM - Pemerintah Finlandia mengecam protes rasis yang dilakukan dengan menyerang bus yang membawa pencari suaka pada hari Jumat pagi (25/9).

Lembaga penyiaran publik Yle menunjukkan gambar sekitar 40 pengunjuk rasa yang melemparkan petasan ke arah bus yang mengangkut pencari suaka ke pusat penampungan baru di kota Lahti.

Salah satu pengunjuk rasa terlihat memakai penutup kepala putih, simbol rasis Klan Ku Klux AS, dengan bendera Finlandia di tangan mereka.

Mereka juga melemparkan bebatuan ke arah relawan Palang Merah, meski tidak ada orang yang cedera dalam insiden itu.

Perdana Menteri Juha Sipila mengecam serangan itu di Twitter, mengatakan “ancaman dan aksi kekerasan terhadap pencari suaka dan imigran benar-benar tidak bisa diterima.”

“Pemerintah Finlandia mengecam protes rasis semalam terhadap pencari suaka yang datang ke negara ini. Aksi kekerasan dan perilaku membahayakan tidak bisa diteruskan,” ungkap pernyataan pemerintah.

Polisi menahan dua pengunjuk rasa setelah insiden itu dan mengatakan bahwa mereka kemungkinan akan menghadapi denda. (AFP/Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home