Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 17:28 WIB | Jumat, 20 Februari 2015

Penjualan Sukuk Ritel Bantu Sejahterakan Warga Miskin

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro memukul gong tanda peluncuran SR 007 di Gedung Mezzanine, Kementerian Keuangan, Jumat (20/2). (Foto: Prasasta Widiadi).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Sukuk Negara Ritel Seri 007 (SR 007) yang nantinya akan dijual ke masyarakat lewat bank yang ditunjuk akan menjadi salah satu alternatif financial inclusion  bagi warga semua lapisan.

"Di negara-negara yang mayoritas penduduknya Muslim, Sukuk Ritel ini adalah upaya terbaik untuk bisa membuat kesejahteraan masyarakat di negara tersebut meningkat dan masyarakat memiliki alternatif investasi," kata Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro pada peluncuran Sukuk Negara Ritel Seri 007 (SR 007), di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (20/2).

Bambang menjelaskan financial inclusion adalah pembiayaan untuk kelompok ekonomi yang kurang mampu, namun juga sekaligus kelompok ini dapat berkontribusi untuk pembangunan.

“Karena yang terpenting adalah memberi kesempatan kepada sebagian besar investor kita yang kecil menengah, agar bisa menikmat investasi di sektor perbankan,” Bambang menerangkan.

Dalam peluncuran SR 007 dihadiri Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, Robert Pakpahan, Kepala Badan Kebijakan Fiskal Suahazil nazara, Pembina Dompet Dhuafa Parni Hadi,  General Manager Divisi Pendidikan Dompet Dhuafa Sri Nurhidayah, dan Direktur Pembinaan Syariah Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang Kemenkeu, Suminto.

"Penerbitan sukuk ritel SR-007 menjadi bukti keseriusan dan komitmen pemerintah mendukung pasar syariah Indonesia," kata mantan Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu tersebut.

Menurut dia, sukuk ritel ini bermanfaat untuk menghadapi tantangan yang cukup besar di bidang ekonomi global.

"Perekonomian saat ini menghadapi tantangan global yakni proyeksi pertumbuhan ekonomi turun dari 3,8 persen jadi 3,5 persen," kata Bambang.

Setiap tahun Sukuk Ritel dikatakan sangat sukses dan mendapatkan animo yang besar dari masyarakat. Sebab, jika penerbitan Sukuk secara umum, kebanyakan masyarakat Indonesia tidak akan sanggup membelinya.

Sukuk Negara Ritel Seri SR-007 ini telah mendapatkan Pernyataan Kesesuaian Syariah DSN-MUI Nomor: B-043/DSN-MUI/II/2015 tanggal 17 Februari 2015. Masa penawaran dimulai tanggal 23 Februari 2015 sampai dengan tanggal 6 Maret 2015 pukul 10.00 wib. Penjatahan pemesanan Sukuk Negara Ritel Seri SR-007 akan diumumkan pada tanggal 9 Maret 2015. Sukuk Negara Ritel Seri SR-007 dicatatkan di PT Bursa Efek Indonesia pada tanggal 12 Maret 2015.

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home