Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:04 WIB | Senin, 09 Juni 2014

Penumpang Keluhkan Feri Merak-Bakauheni Tak Layak

Pelabuhan Merak, Banten (Ilustrasi Foto: antaranews).

BANDARLAMPUNG, SATUHARAPAN.COM - Sejumlah penumpang feri Merak (Banten)-Bakauheni (Lampung Selatan) mengeluhkan adanya kapal yang dinilai tidak layak namun masih dioperasikan mengangkut penumpang pelayaran melintasi Selat Sunda.

Salah satu penumpang, Suparwo, di Bandarlampung, Senin(9/6), mengeluhkan pelayanan pelayaran penumpang feri Merak-Bakauheni, mengingat masih adanya kapal dalam kondisi tidak layak tetap dioperasikan untuk mengangkut penumpang.

Dia mengungkapkan, saat menggunakan Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Bahuga Pratama pada Sabtu (7/6) menyeberang dari Merak ke Bakauheni, kondisi kapal dinilai sangat tidak layak untuk mengangkut penumpang.

"Feri ini seperti sedang direnovasi, kondisinya kotor dan acak-acakan, tidak layak untuk mengangkut penumpang. Tapi masih saja dioperasikan mengangkut penumpang," katanya.

Dia menantang pihak terkait untuk mengecek secara langsung kondisi kapal itu yang dinilainya tidak manusiawi untuk mengangkut penumpang.

Suparwo menyebutkan, para penumpang kapal sampai harus duduk di pagar pelampung karena tidak tersedia tempat duduk dan istirahat yang layak bagi para penumpangnya.

Sebagian besar penumpang mengeluhkan kondisi itu, bahkan mengumpat, namun terpaksa harus menerima perlakuan dan pelayanan yang dinilai tidak manusiawi itu.

"Kenapa kondisi kapal begini sepertinya tidak dipedulikan dan kurang diperhatikan oleh pengelola pelabuhan maupun pemerintah," ujar penumpang lainnya.

Pemerintah dan pihak pengelola termasuk media massa, diharapkan peduli dengan pemenuhan dan perbaikan sarana perhubungan, khususnya angkutan laut dalam pelayaran di Selat Sunda ini.

Ia bersama penumpang kapal lainnya berharap kondisi kapal Merak-Bakauheni menjadi perhatian pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, baik di Lampung maupun Banten.

Kondisi kapal Merak-Bakauheni yang dinilai tidak layak tersebut, sudah disampaikan ke berbagai pihak, termasuk media massa, DPRD Lampung, dan pihak terkait lainnya agar menjadi perhatian.

Belum diperoleh tanggapan dari otoritas pelayaran Bakauheni-Merak maupun dinas perhubungan serta Pemerintah Provinsi Lampung berkaitan keluhan tersebut.

Namun, sebelumnya, sejumlah pihak menyarankan pemerintah pusat dan Pemprov Lampung termasuk Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan bersama Pemprov Banten, dapat membenahi sarana pelayaran Bakauheni-Merak agar menjadi lebih baik.

Kondisi pelayaran yang sering kali mengalami stagnasi, penumpukan kendaraan pengangkut barang maupun manusia, terutama pada saat tertentu (hari raya, hari libur) seharusnya segera diatasi dan diambil langkah terobosan meningkatkan sarana dan prasarana yang diperlukan.

Kalangan pengamat mengingatkan prioritas pembenahan sarana dan prasarana penyeberangan Bakauheni-Merak itu perlu menjadi prioritas utama, dibandingkan proyek pembangunan Jembatan Selat Sunda yang saat ini digembar-gemborkan, mengingat biayanya yang sangat besar, dan belum sebanding dengan perbaikan infrastruktur penunjang yang diperlukan. Selain perbaikan pelayanan penumpang kapal, termasuk perbaikan pelayanan untuk kendaraan pengangkut barang yang masih sering terjadi penumpukan terutama di Merak Banten, pemerintah juga diminta menyiapkan infrastruktur transportasi lanjutan (jalan tol, jembatan) yang siap digunakan untuk memperlancar arus transportasi Jawa-Sumatera dan sebaliknya. (Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home