Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 07:45 WIB | Kamis, 04 Desember 2014

Penyandang Disabilitas DKI Jakarta Diarahkan Jadi Wirausaha

Seorang penyandang tuna daksa hendak masuk ke dalam sebuah taksi, pada peluncuran salah satu armada taksi yang didesain khusus bagi penyandang disabilitas. (Foto: Prasasta Widiadi)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Utara, Ika Lestari Adji mengatakan para penyandang disabilitas penting untuk berkarya bagi sektor wirausaha di Provinsi DKI Jakarta.

“Mengingat keterbatasannya (secara fisik), kami sengaja mengarahkan mereka (penyandang disabilitas) ke wirausaha. Tapi tidak tertutup kemungkinan kami salurkan mereka ke perusahaan yang membutuhkan," kata Ika, di Jakarta, Rabu (3/12).

Ika Lestari Adji menuturkan, kebanyakan dari penyandang disabilitas yang hidup di bawah garis kemiskinan adalah para tunanetra. Selama ini, kata Ika, pihaknya memberikan pelatihan keterampilan dan modal kerja sebagai stimulus.

Data dari Sudin Sosial Jakarta Utara, saat ini setidaknya ada sekitar 1.500 penyandang disabilitas yang berdomisili di wilayah Jakarta Utara. Dari jumlah itu, 850 diantaranya masuk dalam kategori miskin. Bahkan, 150 lainnya dikategorikan sangat miskin.

“Banyak penyandang disabilitas saat ini hidup dalam kondisi kurang beruntung. Kebanyakan dari mereka secara ekonomis hidup dalam kondisi kekurangan,” Ika menambahkan.

Pemprov DKI Jakarta terus berupaya meningkatkan taraf hidup penyandang disabilitas seperti pemberian pelatihan keterampilan maupun program wirausaha. 

Sedangkan untuk para penyandang disabilitas yang hidup dalam kondisi sangat miskin, selain pelatihan juga diberikan program pendampingan. Mereka dipantau perkembangannya secara rutin serta setiap bulan dan mendapat jatah asupan tambahan.

“Untuk yang kondisinya sangat berat dan miskin kami berikan natura. Setiap bulannya, mereka kita jatah pemberian makanan seperti beras, susu dan sarden,” Ika menjelaskan.

Dia mengakhiri penjelasannya dengan mengatakan secara keseluruhan ada berbagai program yang diperuntukkan bagi para penyandang disabilitas. (beritajakarta.com).

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home