Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Kartika Virgianti 17:07 WIB | Rabu, 12 Maret 2014

Penyidikan Tender Bus Transjakarta Terus Berjalan

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. (Foto: Kartika Virgianti)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan bahwa penyidikan tender pengadaan bus Transjakarta masih berjalan berdasarkan laporan dari Inspektorat DKI Jakarta dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga sedang mempelajari dokumennya.

“Penyidikan tender busway (Transjakarta) masih jalan, laporan Inspektorat sedang jalan, KPK juga lagi pelajari dokumennya. Nah kita harapkan lakukan seperti pengadaan mobil damkar (pemadam kebakaran),” kata Basuki di Balai Kota, Rabu (12/3) pagi.

Dirinya mengakui bahwa belum tahu kasusnya sampai mana, namun Kejagung juga sudah memanggil pihak-pihak yang terkait dengan kasus ini.

“Mereka (Kejagung) belum penyidikan dan baru mengumpulkan data,” Basuki menambahkan.

Wagub yang sering ‘blusukan’ ketika masih menjabat sebagai Bupati Belitung Timur ini mencontohkan ketika KPK membedah mobil damkar, baru ketahuan bahwa ada indikasi penggelembungan dana (mark up) saat pengadaan mobil

Kasus pengadaan mobil damkar mencuat sejak beberapa tahun yang lalu, yang sebelumnya diduga adanya mark up. Setelah diperiksa oleh Kejaksaan Agung (Kejagung), hasilnya tidak ada masalah. Tetapi setelah diperiksa KPK dengan membedah komponennya, ditemukan spesifikasi yang tidak sesuai dengan harganya.

“Bus harus dibedah, tabung gas sesuai atau tidak, casing-nya (karoseri bus), mesinnya, bisa ketahuan,” ujar Basuki.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home