Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 17:26 WIB | Kamis, 29 Oktober 2015

Perdelapan Final LSN: Ponpes Indramayu Kalahkan Lampung Selatan

Perdelapan Final LSN: Ponpes Indramayu Kalahkan Lampung Selatan
Kapten Ponpes Nurul Huda Lampung Mohammad Imron Rosyadi kapten Ponpes Daarul Maarif Indramayu Muhammad Sultoni Aulia (kaus biru) berjabat tangan dengan wasit, dan dua hakim garis sebelum pertandingan perdelapan final Liga Santri Nusantara dimulai di Lapangan Sepak Bola TNI Angkatan Udara, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, hari Kamis (29/10). (Foto-foto: Prasasta Widiadi).
Perdelapan Final LSN: Ponpes Indramayu Kalahkan Lampung Selatan
Gelandang Ponpes Daarul Maarif Hendrawan (kaus biru) mencoba menghalau bola yang membahayakan pertahanan Daarul Maarif namun dia dihalangi Abdul Hasyim (Ponpes Nurul Huda Lampung, kaus hitam).
Perdelapan Final LSN: Ponpes Indramayu Kalahkan Lampung Selatan
Muhammad Sultoni Aulia (kaus biru, kedua dari tengah) merebut bola yang dikuasai penyerang Nurul Huda, Muhammad Afif (kaus hitam, tengah) di perdelapan final Liga Santri Nusantara di Lapangan Sepak Bola TNI Angkatan Udara, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, hari Kamis (29/10). (Foto-foto: Prasasta Widiadi).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM –  Pondok Pesantren (Ponpes) Daarul Marif Indramayu  melaju ke perempat final turnamen sepak bola Liga Santri Nusantara (LSN) karena berhasil menang dengan skor 1-0 atas Ponpes Nurul Huda dari Lampung dalam partai perdelapan final, hari Kamis (29/10) di Lapangan Sepak Bola TNI Angkatan Udara, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Ponpes Nurul Huda lolos ke perdelapan final yang digelar di Jakarta karena merupakan juara Zona Lampung, sementara Ponpes Daarul Maa’rif dari Indramayu merupakan juara Zona Jawa Barat III.

Pertandingan yang seharusnya dijadwalkan dimulai pukul 08:30 diundur hingga pukul 11:30 karena kedua kesebelasan masih harus menjalani proses screening di Rumah Sakit Pusat Olah Raga Nasional, Cibubur, Jakarta Timur.

Menurut pengamatan satuharapan.com, serangan-serangan yang dibangun Ponpes Nurul Huda lebih teratur dan rapih, mereka lebih lama menguasai bola terutama dari gelandangnya Mohammad Yoga Fahriansyah, Muhammad Afif, dan Banu Aji.

Menit ke-13 Nurul Huda Lampung menciptakan peluang berbahaya lewat kerja sama Ahmad Mauluddin, Muhammad Afif, dan Mahroja Pangestu, namun saat mendekati kotak penalti Daarul Maarif Indramayu bola digagalkan Yovan Firenza.

Daarul Maarif Indramayu bermain mengandalkan serangan balik dan ketajaman penyerangnya, Dede Aldiansyah, namun berulang kali Dede tidak berkutik saat menggiring bola karena dihadang ketat par pemain bek Nurul Huda Lampung antara lain Ikhsanuddin dan Galih Cahya.

Di awal babak kedua pertandingan sempat terhenti beberapa detik karena angin menyerupai puting beliung membawa banyak debu dan sampah yang tidak terus dengan baik oleh pengelola lapangan sepak bola yang setiap hari digunakan oleh PS TNI AU (Persatuan Sepak Bola TNI Angkatan Udara) ini.

Babak kedua Ponpes Daarul Maarif sempat mencuri peluang lewat serangan balik di menit ke-66, sebuah operan bola dari Irsandi tepat menuju rekannya, Hendrawan. Namun Hendrawan yang lolos dari pengawalan Banu Aji gagal  menaklukkan Tri Andika yang menepis bola dengan satu tangan.

Nurul Huda membalas peluang dari Daarul Maarif tersebut lewat eksekusi tendnagna bebas beberapa menit kemudian. Bola tendangan bebas yang dieksekusi pemain pengganti Abdul Basit membahayakan gawang Daarul Maarif Indramayu namun bola berhasil diamankan kiper Daarul Maarif, Rizki Putra Pratama.

Tekanan yang dilakukan Nurul Huda semakin gencar, karena berulang kali pemain Daarul Maarif belakang salah, Nasorih dan Abdul Munip salah menghalau bola dan si kulit bundar keluar dari lapangan. Akibatnya banyak tendangan penjuru diperoleh Nurul Huda Lampung namun belum dapat menembus kokohnya gawang Daarul Maarif yang dijaga Rizki Putra Pratama. 

Babak II Daarul Maarif menyerang dan menghasilkan peluang berbahaya karena di menit ke-70 nyaris mendapat gol setelah mereka meraih hadiah penalti, hukuman diberi bagi pesantren asal Indramayu tersebut karena bek Nurul Huda Lampung, Muhammad Willy Oktavian tidak sengaja menjatuhkan pemain Daarul Maarif Abdul Basit yang dijatuhkan di kotak penalti.

Penalti pemain Daarul Maarif, Hendrawan masih terlalu pelan, bola dapat ditangkap kiper Nurul Huda Lampung dengan mudah.

Pertandingan berakhir setelah 90 menit dengan kedudukan tanpa gol.

Gol yang ditunggu-tunggu  terjadi di perpanjangan waktu menit ke-118 lewat Muhammad Afifullah yang memanfaatkan bola dari strategi serangan balik rekannya, Nur Muhammad. Sampai pertandingan selesai skor tidak berubah tetap 1-0 untuk kemenangan Daarul Maarif dari Indramayu, Jawa Barat.

Susunan Pemain:

Ponpes Nurul Huda Lampung: Tri Andika, Ikhsanuddin, Galih Cahya, Abdul Hasyim, Rudi, Mohammad Imron Rosyadi, Banu Aji, Mahroja Pangestu, Mohammad Yoga Fahriansyah, Ahmad Mauluddin, Muhammad Afif

Ponpes Daarul Maarif Indramayu: Rizki Putra Pratama, Nasorih, Abdul Munip, Irsandi, Nur Muhammad, Yovan Firenza, Muhammad Sultoni Aulia, Muhammad Afifullah, Hendrawan, Rizal, Dede Aldiansyah.

Jadwal Perdelapan Final Liga Santri Nusantara lainnya:

Kamis (29/10):  Ponpes Nurul Huda Natar (Juara Zona Lampung) VS Ponpes Darul Maarif Indramayu (Juara Zona Jabar III).

Jumat (30/10):

Ponpes Nur Iman Mlangi (Juara Zona DI Yogyakarta) VS Ponpes Salafiyah Polewali Mandar (Juara Zona Sulawesi Barat).

Ponpes Darunnajah Cikajang Garut (Juara Zona Jabar II) VS Ponpes Bayyinul Ulum Lombok Utara (Juara Zona Nusa Tenggara Barat).

 Ponpes Ali Imron Sumenep (Juara Zona Jatim II:) VS Ponpes Walisongo Sragen (Juara Zona Jateng I)

Sabtu (31/10):

Ponpes Ummushabri Kendari (Juara Zona Sulawesi Tenggara) VS Ponpes Al Ikhlas (Juara Zona DKI Jakarta)

 PPTQ Sabilillah Wonosobo (Juara Zona Jateng II) VS Ponpes Al Asy Ariyah Kabupaten Tanggerang (Juara Zona Banten).  

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home