Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 14:03 WIB | Minggu, 04 Oktober 2015

Peringatan Sumpah Pemuda Arab Digelar di Surabaya Hari Ini

Salah satu tokoh arab yang menginisiasi pelaksanaan Kongres Sumpah Pemuda Keturunan Arab pada 4-5 Oktober 1934 di Kota Semarang Abdur Rahman Baswedan. (Foto: Wikipedia)

SURABAYA, SATUHARAPAN.COM – Peringatan hari Sumpah Pemuda Keturunan Arab di Nusantara digelar di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, hari ini, Minggu (4/10).

Peringatan ini digelar untuk mengenang peristiwa Kongres Sumpah Pemuda Keturunan Arab yang ke-81. Dimana pada 4-5 Oktober 1934 di Kota Semarang, para pemuda keturunan Arab berkumpul untuk berkomitmen menegakkan Indonesia sebagai tanah air.

Sumpah yang digulirkan karena sebelumnya kalangan keturunan Arab berangapan bahwa tanah air mereka adalah negeri-negeri Arab dan senantiasa berorientasi ke Arab itu memiliki tiga pernyataan deklarasi. Satu, Tanah Air peranakan Arab adalah Indonesia. Dua, peranakan Arab harus meninggalkan kehidupan menyendiri (ekslusif). Tiga, peranakan Arab memenuhi kewajibannya terhadap tanah air dan bangsa Indonesia.

Salah satu tokoh arab yang menginisiasi pelaksanaan kongres tersebut adalah Abdur Rahman Baswedan, kakek dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia saat ini, Anies Baswedan.

Kesepakatan yang dibuat dalam kongres adalah untuk mengakui Indonesia sebagai Tanah Air. AR Baswedan pun disebut sebagai tokoh arab yang paling getol memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Kegiatan yang diinisiasi editor buku Nabiel A Karim Hayaze ini menyuguhkan forum seminar, pameran foto, bazar, musikalisasi puisi, musik gambus, dan sebagainya. Acara dipusatkan di Kampung Ampel, tepatnya di Jalan KH Mansur dan Jalan Sasak, Surabaya. (NU Online)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home