Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:17 WIB | Rabu, 16 Maret 2022

Perkembangan Invasi Rusia: Jenderal Keempat Rusia Tewas dalam Pertempuran di Mariupol

Seorang petugas pemadam kebakaran berjalan di luar gedung apartemen yang hancur setelah pemboman di daerah perumahan di Kiev, Ukraina, Selasa, 15 Maret 2022. Serangan Rusia di Ukraina telah mendekati pusat Kiev dengan serangkaian serangan yang menghantam lingkungan perumahan ketika pemimpin tiga negara anggota Uni Eropa merencanakan kunjungan ke ibu kota Ukraina yang diperangi. (Foto: AP/Vadim Ghirda)

LVIV, SATUHARAPAN.COM-Ukraina mengatakan seorang jenderal Rusia tewas dalam pertempuran. Itu adalah jenderal keempat yang tewas dalam invasi Rusia ke Ukraina yang dimulai 24 Februari.

Mayor Jenderal Oleg Mityaev meninggal pada hari Selasa (15/3) selama penyerbuan di Mariupol, kata penasihat Kementerian Dalam Negeri Ukraina, Anton Gerashchenko, yang menerbitkan foto di Telegram tentang apa yang dia katakan sebagai perwira yang tewas.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, melaporkan kematian seorang jenderal Rusia lainnya dalam pidato malamnya tetapi tidak menyebutkan namanya.

Mityaev, 46 tahun, memimpin divisi senapan bermotor ke-150 dan telah bertempur di Suriah, kata Gerashchenko. Belum ada konfirmasi kematian dari Rusia.

Protes Invasi Rusia

Perkembangan lainnya dari invasi Rusia adalah pegawai televisi pemerintah Rusia yang ditangkap setelah menyela program berita langsung dengan memprotes perang di Ukraina mengatakan dia tidak diizinkan tidur dalam tahanan polisi dan diinterogasi selama 14 jam.

“Ini adalah hari-hari yang sangat sulit dalam hidup saya karena saya benar-benar menjalani dua hari penuh tanpa tidur, interogasi berlangsung selama lebih dari 14 jam dan mereka tidak mengizinkan saya untuk menghubungi keluarga dan teman dekat saya, tidak memberikan dukungan hukum apa pun,”  kata Marina Ovsyannikova setelah dia dibebaskan.

Ovsyannikova, seorang karyawan Channel 1, masuk ke studio selama acara berita hari Senin malam dengan poster yang mengatakan "hentikan perang, jangan percaya propaganda, mereka berbohong kepada Anda di sini." Dalam bahasa Inggris, tertulis "tidak ada perang" di bagian atas poster dan "Orang Rusia menentang perang" di bagian bawah.

Dalam sebuah video yang direkam sebelum tindakannya, dia mendesak Orang Rusia untuk bergabung dengan protes anti perang dan mengatakan bahwa “Rusia adalah negara agresor dan satu orang, Vladimir Putin, bertanggung jawab penuh atas agresi itu.”

Dia didenda 30.000 rubel (sekitar US$270) atas tuduhan mengorganisir tindakan tidak sah atas seruannya untuk mengambil bagian dalam demonstrasi menentang perang.

Kantor berita negara TASS mengatakan Ovsyannikova didenda karena video tersebut, bukan karena penampilannya selama acara berita.

Dia masih dalam penyelidikan atas protes yang disiarkan itu, kata TASS, mengutip sumber penegak hukum. TASS mengatakan Ovsyannikova sedang diselidiki di bawah undang-undang baru terhadap penyebaran "informasi palsu yang disengaja" tentang penggunaan angkatan bersenjata Rusia, yang membawa hukuman penjara hingga 15 tahun.

Lebih Realistis

Tentang negosiasi dengan Rusia, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, mengatakan pada hari Rabu (16/3) pagi bahwa tuntutan Rusia selama negosiasi menjadi "lebih realistis" setelah hampir tiga pekan perang. Dia mengatakan lebih banyak waktu diperlukan untuk pembicaraan, yang diadakan melalui konferensi video.

“Upaya masih diperlukan, kesabaran diperlukan,” katanya dalam pidato video malam hari untuk bangsa. “Perang apa pun berakhir dengan kesepakatan.”

Zelenskyy, yang akan berpidato di Kongres Amerika Serikat pada hari Rabu, berterima kasih kepada Presiden Joe Biden dan “semua teman Ukraina” untuk US$13,6 miliar dalam dukungan baru yang termasuk dalam ukuran pengeluaran yang ditandatangani Biden.

Dia meminta lebih banyak senjata dan lebih banyak sanksi untuk menghukum Rusia, dan mengulangi seruannya untuk “menutup langit di atas Ukraina dari rudal dan pesawat Rusia.”

Dia mengatakan pasukan Rusia pada hari Selasa (15/3) tidak dapat bergerak lebih dalam ke wilayah Ukraina dan melanjutkan pengeboman berat mereka ke kota-kota.

Selama satu hari terakhir, 28.893 warga sipil dapat melarikan diri dari pertempuran di sepanjang sembilan koridor kemanusiaan, meskipun Rusia menolak untuk mengizinkan bantuan masuk ke Mariupol, katanya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home