Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:17 WIB | Jumat, 04 Maret 2022

Perkembangan Invasi Rusia: Norwegia Kirim 2.00 Rudal Anti Tank ke Ukraina

Perkembangan Invasi Rusia: Norwegia Kirim 2.00 Rudal Anti Tank ke Ukraina
Petugas pemadam kebakaran menyiram gedung yang terbakar setelah pemboman di Kiev, Ukraina, Kamis, 3 Maret 2022. Pasukan Rusia telah merebut pelabuhan strategis Ukraina dan mengepung yang lain. Langkah-langkah itu adalah bagian dari upaya untuk memisahkan negara itu dari garis pantainya bahkan ketika Moskow mengatakan pada hari Kamis bahwa pihaknya siap untuk melakukan pembicaraan untuk mengakhiri pertempuran. (Foto: AP/Efrem Lukatsky)
Perkembangan Invasi Rusia: Norwegia Kirim 2.00 Rudal Anti Tank ke Ukraina
Ribuan demonstran berjalan di Willy-Brandt-Strasse, jalan raya utama di Hamburg, Jerman, membawa spanduk bertuliskan "Tidak ada lagi perang". dan "Dunia lain adalah mungkin". pada hari Kamis, 3 Maret 2022. Organisasi Fridays for Future turun ke jalan-jalan di seluruh dunia Kamis ini untuk mengekspresikan solidaritas dengan Ukraina dan untuk memprotes serangan Rusia terhadap negara tersebut. (Foto: Daniel Reinhardt/dpa via AP)
Perkembangan Invasi Rusia: Norwegia Kirim 2.00 Rudal Anti Tank ke Ukraina
Presiden Rusia, Vladimir Putin, memimpin rapat Dewan Keamanan melalui konferensi video di kediaman Novo-Ogaryovo di luar Moskow, Rusia, Kamis, 3 Maret 2022. (Foto: Andrei Gorshkov, Sputnik, Kremlin/pool via AP)

KOPENHAGEN, SATUHARAPAN.COM-Sebuah pesawat angkut Hercules C130 dengan sekitar 2.000 rudal anti-tank untuk Ukraina telah lepas landas dari Norwegia. Senjata itu untuk membantu pasukan Ukraina melawan invasi Rusia, yang dimulai pekan lalu.

Kantor berita nasional Norwegia, NTB, mengatakan pengiriman itu dilakukan dari Oslo pada hari Kamis ke negara ketiga sebelum diangkut ke Ukraina.

Juga pada hari Kamis (3/3), kementerian ekonomi Jerman menyetujui pengiriman 2.700 rudal anti-pesawat ke Ukraina, kata kantor berita dpa.

Badan tersebut mengutip pejabat Kementerian Ekonomi yang tidak disebutkan namanya yang mengatakan bahwa senjata itu adalah rudal permukaan-ke-udara Strela buatan Soviet yang tersisa dari persediaan tentara Jerman Timur.

Jerman membalikkan penolakan sebelumnya untuk memberi Ukraina senjata mematikan pekan lalu, menyusul serangan Rusia.

 

Pakar Inggris: Jika Perang Berlarut, Ukraina Berpeluang Bernegosiasi

LONDON, Seorang pakar militer Inggris mengatakan semakin lama kota-kota Ukraina dapat bertahan melawan serangan Rusia, semakin sedikit pasukan yang akan dimiliki Moskow untuk mengepung Kiev, tujuan utamanya.

Jack Watling, seorang ahli perang darat di Royal United Services Institute, mengatakan pada hari Kamis (3/3) bahwa jika kota-kota mampu melawan mereka dapat menarik keluar konflik.

“Jika konflik berlarut-larut, Ukraina memiliki lebih banyak pengaruh untuk dapat bernegosiasi,” kata Watling.

Penilaiannya disampaikan ketika Rusia mengklaim pasukannya telah merebut kota Kherson di selatan, bahkan ketika kepala pemerintahan setempat mengatakan dia bekerja untuk menjaga agar bendera Ukraina tetap berkibar di atas kota itu.

Pasukan Rusia menggempur Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina, semalam dan sirene serangan udara terdengar di ibu kota, Kiev.

Fase perang berikutnya akan menguji komitmen Ukraina dan kemampuan mereka untuk melakukan tindakan ofensif skala kecil yang mengganggu dan menunda kemajuan Rusia, kata Watling.

Tantangannya adalah mencegah kota-kota dikepung sehingga mereka tidak terputus dari pasokan makanan, air, dan amunisi, tambahnya.

 

PBB: 227 Warga Sipil Ukraina Tewas oleh Serangan Rusia

JENEWA, Kantor hak asasi manusia PBB mengatakan 227 warga sipil telah tewas dan 525 lainnya terluka dalam penghitungan terakhir korban di Ukraina setelah invasi militer Rusia yang dimulai sepekan lalu.

Kantor Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia mengatakan penghitungan itu melampaui jumlah seluruh korban sipil dari perang di Ukraina timur antara sparatis pro Rusia dan pasukan Ukraina pada tahun 2014, yang menyebabkan 136 orang tewas dan 577 terluka.

Kantor hak asasi manusia PBB mengakui bahwa angka-angka sejauh ini sangat kecil. Ini menggunakan metodologi yang ketat dan hanya menghitung korban yang dikonfirmasi. Pejabat Ukraina telah menyajikan angka yang jauh lebih tinggi.

Kantor hak asasi manusia mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu (2/3) malam bahwa “angka sebenarnya jauh lebih tinggi, terutama di wilayah yang dikuasai pemerintah dan terutama dalam beberapa hari terakhir, karena penerimaan informasi dari beberapa lokasi di mana permusuhan intensif  terjadi, dan banyak laporan yang dirilis masih menunggu konfirmasi.”

Sebagian besar korban disebabkan oleh penggunaan senjata peledak dengan area dampak yang luas, termasuk penembakan dari artileri berat dan sistem roket multi-peluncuran, dan serangan udara, kata kantor hak asasi.

 

Konvoi Militer Rusia Mendekati KIev

LONDON, Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan bahwa konvoi militer Rusia menuju Kiev telah membuat “sedikit kemajuan” selama tiga hari terakhir dan berada lebih dari 30 kilometer (19 mil) dari pusat kota.

Konvoi tersebut telah ditunda oleh perlawanan Ukraina, kerusakan mekanis dan kemacetan, kata kementerian itu dalam pengarahan intelijen hariannya, hari Kamis (3/3).

Terlepas dari penembakan Rusia yang berat, kota-kota Kharkiv, Chernihiv dan Mariupol tetap berada di tangan Ukraina, kata departemen itu. Beberapa pasukan Rusia telah memasuki kota Kherson, tetapi situasi militer masih belum jelas, tambahnya.

Kementerian juga mencatat bahwa Rusia telah dipaksa untuk mengakui bahwa 498 tentaranya telah tewas di Ukraina dan 1.597 lainnya terluka. Jumlah sebenarnya dari mereka yang tewas dan terluka hampir pasti akan jauh lebih tinggi dan akan terus meningkat, katanya.

 

Peringkat Kredit Rusia Turun, Akibat Risiko Disabilitas Keuangan

LONDON, Fitch Ratings telah menurunkan peringkat kredit Rusia, dengan alasan “kejutan parah” terhadap kondisi fundamental karena invasinya ke Ukraina.

Fitch mengatakan perang telah meningkatkan risiko terhadap stabilitas keuangan dan dapat merusak kemampuan Rusia untuk membayar utang pemerintahnya. Dikatakan bahwa, pada gilirannya, akan melemahkan keuangan negara dan memperlambat ekonominya, yang selanjutnya meningkatkan risiko dan ketidakpastian geopolitik.

Di antara faktor-faktor lain, lembaga pemeringkat mencatat sanksi yang dikenakan oleh negara-negara Barat yang membatasi akses ke mata uang asing yang diperlukan untuk membayar utang dan membeli impor dan meningkatkan ketidakpastian atas kesediaan Rusia untuk membayar utang tersebut.

 

Atlet Rusia Dilarang Ikut dalam Paralimpik Beijing

BEIJING, Atlet Rusia dan Belarusia telah dilarang mengikuti Paralimpiade Musim Dingin karena peran negara mereka dalam perang di Ukraina, Komite Paralimpiade Internasional (IPC) mengatakan hari Kamis (3/3) di Beijing.

Perubahan tersebut terjadi kurang dari 24 jam setelah IPC pada hari Rabu mengatakan akan mengizinkan atlet Rusia dan Belarusia untuk bersaing ketika Olimpiade dibuka pada hari Jumat, tetapi hanya ketika atlet netral dengan warna, bendera, dan simbol nasional lainnya dilepaskan.

IPC langsung menerima kritik atas keputusan awalnya. Itu disebut pengkhianatan yang mengirim pesan yang salah kepada kepemimpinan Rusia. IPC juga mengatakan bahwa banyak atlet yang menolak bertanding melawan Rusia atau Belarusia, menciptakan kekacauan di Paralimpiade.

IPC sekarang bergabung dengan olah raga seperti sepak bola, trek, bola basket, hoki, dan lainnya yang telah memberlakukan larangan total terhadap orang Rusia dan Belarusia.

 

PBB: Satu Juta Warga Ukraina Mengungsi

JENEWA, Badan pengungsi PBB mengatakan satu juta orang telah meninggalkan Ukraina sejak invasi Rusia kurang dari sepekan yang lalu, sebuah eksodus tanpa preseden di abad ini karena kecepatannya.

Penghitungan dari UNHCR berjumlah lebih dari dua persen dari populasi Ukraina yang berpindah-pindah dalam waktu kurang dari sepekan. Bank Dunia menghitung populasi di 44 juta pada akhir 2020.

Badan PBB telah memperkirakan bahwa hingga empat  juta orang pada akhirnya dapat meninggalkan Ukraina tetapi memperingatkan bahwa bahkan proyeksi itu dapat direvisi ke atas.

Dalam sebuah email, juru bicara UNHCR, Joung-ah Ghedini-Williams, menulis: “Data kami menunjukkan bahwa kami melewati angka satu juta” pada tengah malam di Eropa tengah, berdasarkan penghitungan yang dikumpulkan oleh otoritas nasional.

Di Twitter, Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi, Filippo Grandi, menulis: “Hanya dalam tujuh hari kita telah menyaksikan eksodus satu juta pengungsi dari Ukraina ke negara-negara tetangga.”

Suriah, yang perang saudaranya meletus pada tahun 2011, saat ini tetap menjadi negara dengan arus keluar pengungsi terbesar,  lebih dari 5,6 juta orang, menurut angka UNHCR. Tetapi bahkan pada tingkat pelarian tercepat oleh para pengungsi dari Suriah, pada awal 2013, dibutuhkan setidaknya tiga bulan bagi satu juta pengungsi untuk meninggalkan negara itu.

Juru bicara UNHCR, Shabia Mantoo, mengatakan pada hari Rabu (2/3) bahwa "pada tingkat ini" arus keluar dari Ukraina dapat menjadikannya sumber "krisis pengungsi terbesar abad ini."

 

Presiden Ukraina Serrukan Rakyat Terus Lawan Invasi Rusia

KIEV, Dalam pidato video kepada bangsa Kamis pagi, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy memberikan penilaian optimis tentang perang dan meminta Ukraina untuk terus melakukan perlawanan.

“Kami adalah orang-orang yang dalam sepekan telah menghancurkan rencana musuh,” katanya. “Mereka tidak akan memiliki kedamaian di sini. Mereka tidak akan punya makanan. Mereka tidak akan memiliki satu saat pun tenang di sini. ”

Zelenskyy tidak mengomentari apakah Rusia telah merebut beberapa kota, termasuk Kherson.

“Jika mereka pergi ke suatu tempat, maka hanya sementara. Kami akan mengusir mereka," katanya. Dia mengatakan pertempuran itu merusak moral tentara Rusia, yang “pergi ke toko kelontong dan mencoba mencari sesuatu untuk dimakan.”

"Ini bukan prajurit dari negara adidaya," katanya. "Ini adalah anak-anak bingung yang telah digunakan." Dia mengatakan jumlah korban tewas Rusia telah mencapai sekitar 9.000. "Ukraina tidak ingin ditutupi dengan tubuh tentara," katanya. "Pulanglah ke rumah." (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home