Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 06:47 WIB | Selasa, 13 Oktober 2015

Permalukan Ukraina, Spanyol Tak Terkejar di Puncak Grup C

Andriy Yarmolenko (kaus kuníng, Ukraina) diapit dua pemain Spanyol, Xabier Etxeita (kiri) dan Mikel San Jose (kanan) pada laga Grup C Kualifikasi Piala Eropa 2016, hari Selasa (13/10) dini hari WIB di Stadion Olimpisky, Kiev. (Foto: uefa.com).

KIEV, SATUHARAPAN.COM – Spanyol memantapkan diri dan tidak terkejar di posisi teratas Klasemen Akhir Grup C Kualifikasi Piala Eropa 2016 setelah tim berjuluk Matador ini mempermalukan Ukraina dengan 0-1, hari Selasa  (13/10) dini hari WIB di Stadion Olimpisky, Kiev.

Spanyol memastikan diri sebagai juara Grup C dengan 27 poin dari 10 pertandingan. Spanyol membukukan sembilan kemenangan dan satu kali kalah.

Di posisi kedua ditempati Slovakia dengan 22 poin. Sementara Ukraina  harus puas menduduki urutan ketiga klasemen akhir dengan 19 poin.

Dalam catatan situs resmi UEFA, Spanyol tetap agresif menyerang walau bermain di kandang lawan karena tuan rumah kalah dalam penguasaan bola dengan perbandingan 42 berbanding 58 persen, tapi Ukraina  tercatat melepaskan 27 kali upaya mencetak gol dengan 11 yang berstatus on target.

Tim tamu yang dilatih Vicente Del Bosque mendominasi penguasaan bola. Namun justru Ukraina yang menciptakan peluang-peluang bagus di  menit keempat.

Tim tuan rumah nyaris mendapat gol saat Artem Kravets menggiring bola dari sisi kiri dan mengumpankan bola ke Denis Garmash. Tanpa terkawal pemain bertahan Spanyol, Garmash menendang bola namun masih melebar dari gawang Spanyol yang dikawal David De Gea.

Spanyol dapat keluar dari tekanan saat berhasil mendapat  gol menit ke-22. Bola yang diumpan Thiago Mendez dari sisi kiri dituntaskan dengan sundulan oleh gelandang Spanyol lainnya, Mario Gaspar.

Tiga menit kemudian, Spanyol punya peluang emas untuk menggandakan keunggulan setelah mendapat hadiah penalti. Wasit menunjuk titik putih setelah Cesc Fabregas dijatuhkan oleh Olexandr Kucher. Tapi eksekusi Fabregas bisa digagalkan kiper Ukraina, Andriy Pyatov.

Di babak kedua, Ukraina terus menggempur Spanyol untuk mencari gol penyeimbang tapi gagal. Hingga pertandingan selesai, tidak ada tambahan gol yang tercipta. Skor  0-1 tetap bertahan untuk kemenangan Spanyol.

Susunan Pemain:

Ukraina:  Andri Pyatov,  Artem Fedetskyy,  Oleksandr Kucher,  Yaroslav Rakytskyy,  Vyacheslav Shevchuk,  Ruslan Rotan,  Taras Stepanenko,  Andriy Yarmolenko,  Denys Garmash,  Yevgen Konoplyanka,  Artem Kravets.

Spanyol:  David De Gea,  Mario Gaspar,  Xabier Etxeita,  Nacho Monreal,  César Azpilicueta,  Mikel San José,  Thiago Mendez,  Cesc Fàbregas,  Isco Alcarcon,  Nolito, Paco Alcácer.

Hasil Pertandingan Kualifikasi Piala Eropa, Selasa (14/10): Belarusia 0-0 Makedonia, Luksemburg 2-4  Slovakia,  Estonia 0-1 Swiss,  Lithuania 0-3 Inggris,  San Marino 0-2 Slovenia,  Austria 3-0 Liechtenstein,  Rusia 2-0 Montenegro,  Swedia 2-0 Moldova. (uefa.com)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home