Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:58 WIB | Jumat, 22 September 2023

Persemaian Muntawir di IKN Untuk Memperbaiki Lingkungan

Disebutkan setiap perusahaan tambang harus memiliki pusat persemaian.
Presiden Joko Widodo meninjau Persemaian Mentawir di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Kamis, 21 September 2023. (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)

PENAJAM PASER UATARA, SATUHARAPAN.COM-Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa saat ini sudah ada Peraturan Menteri (Permen) ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) yang mengatur setiap perusahaan tambang di Tanah Air harus memiliki pusat persemaian (nursery center).

“Ini menunjukkan komitmen kuat kita bahwa kita memang ingin memperbaiki, memang ingin merehabilitasi,” kata Presiden usai meninjau Persemaian Mentawir di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, pada hari Kamis, 21 September 2023.

Dikatakan bahwa Persemaian Mentawir dibangun sebagai bentuk komitmen pemerintah terhadap lingkungan. “Intinya kita ingin memperbaiki lingkungan, merehabilitasi hutan, baik hutan alam, hutan yang rusak, tropical rain forest yang rusak, hutan mangrove yang perlu direhabilitasi, semua kita kerjakan,” katanya.

Presiden juga menjelaskan bahwa persemaian tersebut sebagai dasar yang dipersiapkan pemerintah untuk memperbaiki lingkungan, termasuk pemulihan lahan atau reklamasi pasca tambang.

Presiden menambahkan bahwa saat ini sudah ada Peraturan Menteri (Permen) ESDM yang mengatur setiap perusahaan tambang di Tanah Air harus memiliki pusat persemaian (nursery center).

“Ini menunjukkan komitmen kuat kita bahwa kita memang ingin memperbaiki, memang ingin merehabilitasi,” katanya.

Presiden pun menargetkan proses penanaman di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan segera dilakukan dalam waktu dekat. Hal tersebut, menurut Presiden, bergantung pada curah hujan yang akan turun di IKN.

“Kalau nanti awal hujan sudah dateng nanti dibawa ke sana. Ini sudah jutaan yang sudah siap,” tutur Presiden.

Jokowi menyebut bahwa Persemaian Mentawir akan mampu memproduksi 15 juta bibit tanaman per tahun. Tahapan selanjutnya dalam menjaga kelestarian lingkungan kawasan IKN melalui persemaian tersebut adalah dengan menyiapkan manajemen penanaman di lapangan.

“Tinggal nanti ditanam di mana. Pengaturannya nanti akan dilakukan oleh Menteri Kehutanan, Bu Dirjen, Otoritas (IKN), yang itu akan mempercantik ibu kota dan mengembalikan hutan di Ibu Kota  Nusantara menjadi tropical rain forest lagi,” katanya.

Presiden juga menekankan agar nantinya bibit yang telah disiapkan dan akan ditanam di kawasan IKN dapat tumbuh dengan baik. “Langsung yang kita siapkan nanti manajemen penanaman di lapangan sehingga semua yang ditanam, semua tumbuh,” katanya.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home