Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:37 WIB | Kamis, 20 April 2023

Pertempuran di Sudan Terus Berkobar, Gencatan Senjata Gagal Dipatuhi

Citra satelit yang disediakan oleh Maxar Technologies ini menunjukkan bangunan yang terbakar di Merowe Airbase pada Selasa 18 April 2023 di utara Khartoum, Sudan. (Foto: gambar satelit ©2023 Maxar Technologies via AP)

KHARTOUM, SATUHARAPAN.COM-Ledakan dan tembakan senjata berat mengguncang ibu kota Sudan pada hari kelima pertempuran pada hari Rabu (19/4) setelah gencatan senjata yang ditengahi internasional dengan cepat menjadi berantakan. Kegagalan gencatan senjata menunjukkan bahwa dua jenderal saingan yang berjuang untuk menguasai negara itu bertekad untuk saling menghancurkan dalam konflik yang berpotensi berkepanjangan.

Tanpa tanda-tanda istirahat, orang-orang Sudan yang putus asa dan ketakutan yang telah terperangkap selama berhari-hari di rumah mereka akibat kekerasan mulai melarikan diri, kata para saksi mata. Penduduk dari berbagai lingkungan di Khartoum mengatakan kepada The Associated Press bahwa mereka melihat ratusan orang, termasuk perempuan dan anak-anak, membawa barang bawaan, beberapa pergi dengan berjalan kaki, yang lainnya berkerumun di dalam kendaraan.

“Khartoum telah menjadi kota hantu,” kata Atiya Abdalla Atiya, sekretaris Sindikat Dokter, yang masih berada di ibu kota.

Pertarungan para jenderal untuk mendapatkan kekuasaan telah membuat jutaan orang Sudan terlibat baku tembak, karena pasukan mereka telah bertempur sejak hari Sabtu dengan senapan mesin berat, artileri, dan serangan udara di lingkungan perumahan Khartoum, kota tetangganya Omdurman, dan kota-kota besar lainnya di negara itu.

Hampir 300 orang telah tewas dalam lima hari terakhir, kata badan kesehatan PBB, tetapi jumlah korban kemungkinan lebih tinggi, karena banyak mayat ditinggalkan di jalanan, tidak dapat dijangkau karena bentrokan.

Gencatan senjata 24 jam seharusnya berlaku dari matahari terbenam hari Selasa hingga matahari terbenam hari Rabu. Itu adalah upaya paling konkret untuk membuat jeda yang diharapkan dapat diperluas menjadi gencatan senjata yang lebih lama.

Itu terjadi setelah Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken berbicara secara terpisah melalui telepon dengan dua saingannya — pemimpin angkatan bersenjata, Jenderal Abdel Fattah Burhan, dan kepala Pasukan Dukungan Cepat paramiliter, Jenderal Mohammed Hamdan Dagalo. Mesir, yang mendukung militer Sudan, dan Arab Saudi dan Uni Emirat Arab, yang memiliki hubungan dekat dengan RSF, juga telah meminta semua pihak untuk mundur.

Tapi pertempuran berlanjut setelah dimulainya gencatan senjata dan sepanjang malam. Masing-masing pihak saling menyalahkan atas kegagalan tersebut.

Bentrokan sengit antara tentara dan RSF dilaporkan Rabu pagi di sekitar markas militer di pusat Khartoum dan bandara terdekat, serta di sekitar gedung televisi pemerintah di seberang sungai di Omdurman. Bom dan artileri terdengar di sekitar kota.

Sebuah bangunan tinggi di pusat kota terbakar dengan puing-puing yang terbakar jatuh dari lantai atasnya, menurut rekaman oleh jaringan berita Al Arabiya.

“Pertempuran meningkat di pagi hari setelah baku tembak sporadis di malam hari,” kata Tahani Abass, seorang advokat hak asasi terkemuka yang tinggal di dekat markas militer. “Pengeboman dan ledakan mengguncang rumah kami.”

Mahasen Ali, seorang penjual teh, mengatakan banyak orang di lingkungan Khartoum selatannya telah meninggalkan rumah mereka untuk berlindung di area terbuka, berharap aman dari penembakan yang menghantam bangunan. Yang lain meninggalkan kota untuk tinggal bersama kerabat di tempat lain, katanya.

Orang-orang bersenjata berkeliaran di jalanan, menyerbu toko dan rumah. “Mereka mengambil apa pun yang mereka bisa, dan jika Anda menolak, mereka akan membunuh Anda,” katanya.

Sementara itu, 89 mahasiswa dan staf di Universitas Khartoum yang terjebak di departemen teknik sejak awal pertempuran diselamatkan oleh militer pada hari Selasa, kata Mohammed Al Faki, salah satu mahasiswa yang dibebaskan. Rekaman online menunjukkan para mahasiswa merangkak melalui lubang kecil di dinding perimeter universitas, dibantu oleh pria berseragam.

Di Brussel, Dana Spinant, juru bicara Komisi Eropa, membenarkan laporan bahwa seorang pejabat senior UE telah ditembak dan terluka di Sudan. Spinant tidak memberikan rincian.

The New York Times mengidentifikasi pejabat itu sebagai Wim Fransen, warga negara Belgia. Laporan itu mengatakan Fransen menerima perawatan medis untuk cedera serius. Dikatakan dia hilang pada hari Minggu malam dan rekan-rekannya melacaknya pada Selasa.

Juru bicara lain menegaskan bahwa kantor Uni Eropa di Khartoum masih beroperasi. Duta Besar UE, yang diserang ketika orang-orang bersenjata tak dikenal masuk ke kediamannya beberapa hari lalu, kembali bekerja, katanya, menambahkan bahwa delegasi UE tidak dievakuasi dan semua orang aman.

Pertempuran, dengan senapan mesin berat, artileri, dan serangan udara, telah menimbulkan kerusakan yang luas, terjadi di jalan-jalan Khartoum dan kota Omdurman di seberang tepi Sungai Nil, serta di kota-kota penting lainnya di sekitar Sudan.

Lusinan fasilitas perawatan kesehatan di Khartoum dan di seluruh negeri telah berhenti berfungsi karena dekat dengan bentrokan, kata Sindikat Dokter Sudan, hari Rabu. Setidaknya sembilan rumah sakit dibom dan 16 dievakuasi paksa, katanya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pada hari Rabu setidaknya 296 orang telah meninggal sakit dan lebih dari 3.000 terluka sejak pertempuran dimulai, tanpa menyebutkan rincian warga sipil dan pejuang yang tewas. Sindikat Dokter, yang memantau korban, mengatakan bahwa setidaknya 174 warga sipil tewas dan ratusan lainnya luka-luka.

Konflik antara militer dan RSF sekali lagi menggagalkan transisi Sudan menuju pemerintahan demokratis setelah puluhan tahun kediktatoran dan perang saudara.

Pemberontakan populer empat tahun lalu membantu menggulingkan otokrat lama Omar al-Bashir, tetapi Burhan dan Dagalo bersekutu untuk melakukan kudeta tahun 2021. Kedua jenderal tersebut memiliki sejarah panjang pelanggaran hak asasi manusia, dan pasukan mereka telah menindak aktivis pro-demokrasi.

Di bawah tekanan internasional, Burhan dan Dagalo baru-baru ini menyepakati perjanjian kerangka kerja dengan partai politik dan kelompok pro-demokrasi. Tetapi penandatanganan itu berulang kali ditunda karena ketegangan meningkat karena integrasi RSF ke dalam angkatan bersenjata dan rantai komando di masa depan – ketegangan yang meledak menjadi kekerasan pada hari Sabtu.  (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home