Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 10:09 WIB | Rabu, 29 Desember 2021

Pesan Natal WCC: Dua Altar Kehidupan

(Foto ilustrasi: Ist)

“…kamu tahu tindakan murah hati Tuhan kita Yesus Kristus, bahwa meskipun dia kaya, tetapi karena kamu dia menjadi miskin, supaya dengan kemiskinannya kamu menjadi kaya.” (2 Korintus 8:9)

Kisah Natal itu mempesona, ada intrik, dan tantangan.

Ini adalah kisah yang menarik, antara lain, karena wahyu tentang apa yang telah dilakukan Allah dengan anggun di dalam Kristus untuk pembaruan seluruh ciptaan datang kepada kita melalui narasi di mana aktor utamanya bukanlah orang yang berkuasa yang tinggal di istana, tetapi orang yang hidup sederhana, di pinggiran.

Pikirkan cerita Natal dari Injil Matius dan Lukas. Apa yang terlintas dalam pikiran? Pasangan sederhana menghadapi kesulitan; seorang anak yang rentan terancam oleh kekejaman seorang raja; seorang perempuan hamil yang tidak menemukan kamar penginapan untuk melahirkan; gembala anonim yang menerima kabar baik dari sekelompok malaikat; sebuah keluarga muda didorong untuk bermigrasi.

Semuanya berada di dalam catatan sejarah. Semuanya adalah pengemban janji ilahi tentang tujuan akhir sejarah.

Apa yang Maria rayakan dalam semangat para nabi Ibrani, dengan menyanyikan bahwa juruselamatnya telah “menjatuhkan yang berkuasa dari takhta mereka, dan mengangkat yang rendah,” rasul Paulus merumuskan dalam istilah “pengosongan diri Anak Allah”, yang menjadi miskin “bagi kita dan demi keselamatan kita”, sebagaimana diungkapkan kemudian dalam kata-kata Pengakuan Iman Nicea.

Kisah Natal dan paradoksnya yang menarik mengundang kita untuk merenungkan kehidupan Kristen di dunia saat ini. Berkhotbah di Konstantinopel tentang surat kedua kepada jemaat di Korintus, Santo Yohanes Krisostomus berbicara tentang dua altar dalam kehidupan Kristen, yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain: altar Perjamuan Kudus dan altar belas kasih. Kita tidak dapat menerima Roti Surgawi tanpa terlibat dalam solidaritas aktif, dalam “liturgi demi liturgi”, dengan mereka yang tidak dapat menerima roti duniawi.

Masa kita adalah masa di mana pandemi telah mengkatalisasi risiko darurat iklim, ketidaksetaraan sistemik antara kaya dan miskin, dan kekerasan berbasis jender yang meluas.

Saat kita mempersiapkan diri untuk menyambut Dia yang memanifestasikan Tuhan para janda, orang asing dan anak yatim, jangan biarkan pikiran kita menyesuaikan diri dengan semangat keserakahan zaman kita. Mari kita bertobat dan beralih ke cara hidup baru yang mengungkapkan kepedulian kita terhadap generasi mendatang. Biarlah kasih Kristus menggerakkan dunia menuju rekonsiliasi dan kesatuan.

Semoga Natal Anda diberkati dan pesan sukacita serta harapannya memenuhi hidup Anda. Kristus lahir, mari kita memuliakan Dia! Pdt Prof Dr Ioan Sauca (Plt Sekretaris Jenderal Dewan Gereja Dunia)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home