Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 18:24 WIB | Kamis, 06 Februari 2014

Piala Dunia 2014: Honduras Lalui Jalan Cukup Berliku

Tim nasional Honduras saat salah satu kualifikasi Piala Dunia (foto: fifa.com)

SATUHARAPAN.COM – Honduras sebagai salah satu peserta Grup E Penyisihan Piala Dunia 2014 mendatang melewati jalan yang cukup berliku sebelum mereka melaju ke Piala Dunia. Hal ini terlihat saat mereka harus berjuang dari babak ketiga kualifikasi Zona Concacaf (Wilayah Amerika Tengah, Utara, dan Karibia). Untungnya Honduras berhasil memuncaki grup C dengan 11 poin di atas Panama, Kanada, dan Kuba.

Saat berada di babak keempat, atau kualifikasi akhir Zona Concacaf,  Honduras berada pada peringkat ketiga dengan meraih nilai 15, dengan meraih empat kemenangan tiga hasil imbang dan tiga kekalahan.

Total pertandingan yang telah dimainkan Honduras saat Kualifikasi Piala Dunia 2014 lalu yakni 16 pertandingan telah dimainkan, tujuh kali menang, lima kali seri, empat kali tumbang dengan 25 kali membobol gawang lawan, dan 15 kali kemasukan.

Kemudian pada babak IV yang dimulai pada (7/2/2013) Honduras menundukkan Amerika Serikat 2-1, kemudian pada (23/3/2013) bermain imbang 2-2 dengan Meksiko, beberapa hari kemudian (27/03/13) mereka kalah oleh Panama dengan 2-0. Kemudian Honduras pada (8/6/13) kalah lagi dari Kosta Rika dengan 1-0.

Beberapa hari kemudian (12/6/2013) Honduras bangkit dengan mengalahkan Jamaika 2-0, dan sepekan kemudian (19/6/2013) mereka takluk dari Amerika Serikat 0-1.  

Walau dalam empat pertandingan terakhir di babak IV Kualifikasi Piala Dunia Zona Concacaf kurang meyakinkan karena menang tipis 1-2 atas Meksiko. Kemudian imbang dengan Panama 2-2, pada akhir Oktober 2013 mereka unggul atas Kosta Rika 1-0, dan imbang atas Jamaika 2-2.

Ujian Berat

Sebelumnya saat babak III Kualifikasi Zona Amerika, pada (9/6/2012) Honduras sempat mengalami ujian berat di Grup C tatkala mereka tumbang di pertandingan pertama Utara dan Karibia, saat takluk 0-2 atas Panama. Selanjutnya mereka menahan imbang Kanada tanpa gol empat hari kemudian.

Tiga bulan berikutnya, Honduras bangkit di Grup C dengan unggul dua kali atas Kuba dengan 3-0, dan 1-0.  Honduras. Pada akhir 2012, anak-anak asuh Luis Fernando Suarez memastikan lolos ke babak keempat setelah unggul dengan angka telak 8-1 atas Kanada, dan imbang 0-0 dengan Panama.

Pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, Honduras tidak berdaya di penyisihan grup setelah tumbang atas Cili 0-1, dan Spanyol 0-2, pada pertandingan terakhir catatan buruk menyertai Honduras karena mereka gagal mencetak satu gol pun saat ditahan imbang tanpa gol oleh Swiss.

Pemain Andalan

Honduras tidak terlalu banyak bersinar di Piala Dunia ini karena baru dua kali berpartisipasi, Emilio Izaguirre merupakan salah satu yang cukup penting bagi pertahanan Honduras, karena pesepakbola yang bermain di Glasgow Celtic ini pernah meraih penghargaan pemain terbaik Liga Skotlandia musim 2010/2011. Sementara Wilson Palacios menjadi andalan lini depan Stoke City mulai musim 2011/2012.

Pelatih Honduras

Penunjukkan Luis Fernando Suarez pada Maret 2011 membawa stabilitas bagi tim nasional Honduras, Fernando Suarez membawa pengaruh karena dia berpengalaman sebagai asisten pelatih tim U-23 yang saat itu berlaga di Olimpiade London 2012.   

Akan tetapi racikan Suarez tersebut kurang terlihat efektif karena pada (9/6/2012) Honduras sempat mengalami ujian berat di Grup C kualifikasi Piala Dunia Zona Amerika Utara dan Karibia, tatkala mereka tumbang di pertandingan pertama saat takluk 0-2 atas Panama. 

Luis Fernando Suarez (54) adalah mantan pemain dan pelatih sepak bola asal Kolombia. Pada 2005, dia berhasil membawa Ekuador lolos ke Piala Dunia 2006.

Menjelang persiapan Piala Dunia, Honduras akan bermain di sebuah turnamen yang akan diselenggarakan di Amerika Serikat sebagai persiapan untuk Piala Dunia 2014 yang kabarnya akan diselenggarakan pada 27 Mei hingga 10 Juni 2014, dan juga akan ada tim nasional Spanyol yang juga akan ikut serta pada turnamen persahabatan.

“Dengan turnamen seperti itu, Honduras akan memiliki persiapan baik,” kata Alfredo Hawit, sekretaris FENAFUTH (Federasi Sepak Bola Honduras).

Kesaktian tangan dingin pelatih Kolombia, Luis Fernando Suarez akan diuji saat tim nasional Honduras melakukan uji coba pada 4 Juni 2014 mendatang melawan Pantai Gading.

Honduras ditutup persiapan Piala Dunia mereka dengan Inggris pada 7 Juni 2014, kemungkinan di Miami.

Honduras akan menyaingi tahap pertama Piala Dunia di Perancis, Ekuador, dan Swiss untuk Grup E. Pada (15/6) mendatang Honduras akan melawan Prancis, selanjutnya pada  (21/6) Honduras akan menantang Ekuador, selanjutnya pada (26/6) giliran Honduras menghadapi Swiss.

Prakiraan Skuad untuk Piala Dunia:

Penjaga Gawang:  John Bodden,  Noel Valladares.

Pemain Belakang: Bryan Beckeles, Victor Bernárdez, Maynor Figueroa, Juan Carlos García, Emilio Izaguirre, Juan Montes.

Pemain Tengah:  Marvin Chávez, Jorge Aron Claros, Eder Delgado, Roger Espinoza, Oscar Bonieck García, Andy Najar,  Wilson Palacios, Arnold Peralta.

Pemain Depan:  Jerry Ricardo Bengtson, Carlos Costly. (fifa.com/ soccerway.com/elmundovisio.com)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home