Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 00:00 WIB | Rabu, 19 Maret 2014

Piala Dunia 2014: Menanti Terobosan Barisan Muda Belgia

Kesebelasan Belgia. (Foto: footballwallpaper.com)

SATUHARAPAN.COM – Kesebelasan Belgia membuat banyak terobosan baru dengan kemunculan para pemain muda yang bersinar di sejumlah Liga Eropa, antara lain Eden Hazard (Chelsea), dan Lukaku (Everton).

Belgia membuktikan bahwa bintang muda mampu bersinar tatkala mereka menjadi juara Grup A Kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa dimana mereka mampu unggul atas Kroasia, Serbia, dan Skotlandia.

Belgia hanya kehilangan poin saat bermain imbang melawan peringkat kedua grup A, Kroasia. Pada partai penentuan Grup A mereka mampu membuktikan kapasitas mental mereka dengan menjuarai grup saat unggul 2-1 atas tuan rumah Kroasia, berkat dua gol penyerang andalan, Romelo Lukaku.

Belgia telah 11 kali ikut serta pada Piala Dunia. Catatan terbaik mereka yakni pada Piala Dunia 1986 tatkala mereka mampu mencapai semi final sebelum takluk oleh Argentina.

Pada Piala Dunia 1998, saat Belgia dilatih oleh Georges Leekens, Belgia gagal keluar dari penyisihan grup, empat tahun berikutnya Belgia di bawah asuhan pelatih Robert Waseige tersingkir pada babak perdelapan final.

Selama kualifikasi Piala Dunia lalu para pemain bintang yang bersinar antara lain Eden Hazard (Chelsea), Romelo Lukaku (Everton), Kevin de Bruyne (Chelsea), dan Thibaut Courtois (Atletico Madrid), dengan dukungan para pemain senior Vincent Kompany (Manchester City) , Thomas Vermaelen (Arsenal) , dan Marouane Fellaini (Manchester City).

Menanti Kiprah Radja Nainggolan

Satu yang membanggakan bagi Belgia adalah Radja Nainggolan, pemain berdarah Indonesia yang lahir di Antwerp, Belgia. Nainggolan memperoleh darah Indonesia dari ayahnya Marianus Nainggolan, sementara ibunya Lizy Bogaerts adalah warga negara Belgia.

Radja Nainggolan mulai karir profesionalnya di Piacenza Calcio (Italia) pada akhir 2005 sebelumnya dia memulai dari tim amatir K.F.C. Germinal Beerschot.  Kini Nainggolan bermain di AS Roma dengan status pinjaman dari Cagliari.

Pada Piala Dunia 2014, Belgia berada pada Grup H bersama Korea Selatan, Aljazair, dan Rusia. Pada (17/6) Belgia akan menghadapi Aljazair, sebelum (22/6) mereka akan menghadapi Rusia, dan pada pertandingan terakhir (27/6) Belgia menghadapi Korsel.

Prakiraan Skuad Belgia Untuk Piala Dunia :

Penjaga Gawang:   T. Courtois,  S. Mignolet.

Bek:  T. Alderweireld, L. Ciman, V. Kompany, N. Lombaerts,  S. Pocognoli, D. Van Buyten, A. Vanden Borre,  J. Vertonghen.

Gelandang:  N. Chadli, K. De Bruyne, M. Dembele, M. Fellaini,  E. Hazard,  R. Nainggolan,  T. Simons,  A. Witsel.

Penyerang:  C. Benteke, R. Lukaku, D. Mertens,  K. Mirallas. (fifa.com/soccerway.com).

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home