Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 07:48 WIB | Selasa, 18 Maret 2014

Piala Dunia 2014: Korsel Berat Lampaui Prestasi 2002

Kesebelasan nasional KoreaSelatan saat Kualifikasi Piala DUnia 2014 yang lalu. (Foto:theroadtobrazil.com.)

SATUHARAPAN.COM – Negeri ginseng Korea Selatan (Korsel) saat ini menghadapi tantangan baru dalam keikutsertaan mereka pada Piala Dunia 2014 pada Juni hingga Juli mendatang di Brasil.

Pelatih Korsel, Hong Myung Bo memastikan akan membawa skuad terbaik dalam Piala Dunia 2014, termasuk memainkan beberapa pemain bintang yang saat ini bermain di Liga Jerman, Son Heungmin (Bayer Leverkusen) dan Koo Jacheol (FSV Mainz),  yang juga menjadi tulang punggung di tim nasional Korsel dan klubnya masing-masing.

Komposisi para pemain Korsel saat ini terus berubah selama kualifikasi pertama dan kedua,  di bawah pelatih Hong Myung Bo.

Myung Bo adalah mantan pemain bertahan Korsel, dan sempat dijuluki sebagai salah satu pemain belakang terbaik. Hong merupakan salah satu anggota tim nasional Korsel saat negeri ginseng tersebut berhasil menembus Piala Dunia.

Menurut sejumlah pengamat sepak bola Korsel, Myung Bo dahulu  dijuluki seorang “palang pintu” karena dia dapat bermain baik sebagai gelandang bertahan maupun pemain belakang.

Korsel memastikan melaju ke Piala Dunia 2014 di Brasil, walau pada pertandingan terakhir Kualifikasi Kedua Piala Dunia Zona Asia walaupun takluk atas Iran pada (18/6/2013) lalu. 

Korsel baru kali ini mengalami kesulitan, karena biasanya mereka tampil sebagai juara grup saat Kualifikasi Piala Dunia. dan dapat memungkinkan mereka langsung tampil pada putaran langsung Piala Dunia. Lolosnya Korsel ke Piala Dunia 2014 ini menjadikan mereka dapat ikut serta pada Piala Dunia untuk kedelapan kali berturut-turut. Pada Kualifikasi Pertama mereka berhasil mengatasi tiga negara Asia Barat Lebanon, Kuwait dan Uni Emirat Arab.

Tantangan selanjutnya saat mereka harus menghadapi Kualifikasi Putaran Kedua bersama Lebanon, Qatar, Uzbekistan, dan Iran mereka menemui ganjalan terberat yakni dua kali dilumpuhkan Iran dengan 0-1 yang pertama pada (16/10/2012) dan (18/6/2013), sehingga mereka harus puas pada peringkat kedua Klasemen Akhir Kualifikasi Piala Dunia 2014 Grup B.

Akan tetapi, tantangan terberat yakni akankah mereka mengulangi catatan Piala Dunia 2002 saat dikalahkan Turki mereka berhasil meraih tempat keempat.

Bagi para penggemar sepak bola Korsel, hal ini dirasa membanggakan karena Korsel meraih gelar tersebut di hadapan para pendukung mereka sendiri, dan berhasil melakukan yang lebih baik dari pada negara tetangganya, Jepang yang pada Piala Dunia 2002 terdepak di perdelapan final.  

Pada penyelenggaraan Piala Dunia Korsel dan Jepang pada 2002, mereka meraih  kemenangan atas Polandia, dan secara ajaib mengalahkan Portugal untuk mencapai putaran kedua untuk pertama kalinya, selanjutnya mereka mencapai semi final dengan berhasil menyingkirkan tim sebesar Italia dan Spanyol, sebelum pada semi final mereka kalah dari Jerman.

Pada  Piala Dunia 2010, mereka mencapai babak sistem gugur sebelum pada perempat final takluk atas Uruguay.

Pada Piala Dunia 2014, Korea Selatan berada pada Grup H bersama dengan Belgia, Aljazair, dan Rusia. Korea Selatan akan menghadapi Rusia pada (17/6) mendatang di pertandingan perdana Piala Dunia Grup H, selanjutnya pada (22/6) Korea Selatan akan menghadapi Aljazair, sebelum partai terakhir pada (26/6) mereka akan menghadapi Belgia.

Korea Selatan telah melakukan sejumlah persiapan menjelang piala dunia, salah satunya saat mereka unggul atas Yunani dengan skor 2-0 pada Kamis (6/3) yang lalu.

Prakiraan para pemain Korea Selatan yang dipersiapkan untuk Piala Dunia 2014:

Kiper :  Yong-Dae Kim, Young-Kwang Kim, Sung-Ryong Jung.

Bek:  Sang-Sik Kim, Cha Du-Ri,  Beom-Seok Oh, In-Hwan Jung, Hyo-Jin Choi,   Sung-Hwan Cho, Chang-Soo Kim, Yong-Hyung Cho, Chul-Soon Choi.

Gelandang: Do-Heon Kim, Chi-Woo Kim, Nam-Il Kim, Jae-Sung Kim, Ji-Soo Hwang,  Won-Jae Park, Hyung-Min Shin, Dae-Sung Ha,  Sung-Yong Ki,  Chung-Yong Lee, Yo-Han Ko, Hyun-Beom Park

Penyerang:   Chu-Young Park,  Dong-Gook Lee, Keun-Ho Lee,  Ki-Hun Yeom, Jo-Gook Jung,  Tae-Uk Choi,  Jung-Jin Seo, Young-Cheol Cho, Shin-Wook Kim, Sang-Woon Han, Heung-Min Son. (fifa.com/soccerway.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home