Loading...
INDONESIA
Penulis: Kartika Virgianti 17:07 WIB | Minggu, 17 Agustus 2014

Pidato HUT RI Jokowi, Apresiasi Suksesnya Pemilu di Jakarta

Jokowi saat memberikan penghargaan. (Foto: Kartika Virgianti)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) menyatakan penghargaannya kepada segenap warga Ibu Kota DKI Jakarta atas keikutseraannya pada pemilu 2014, sehingga berlangsung lancar, damai, aman dan kondusif, sebagaimana dia sampaikan dalam pidatonya pada upacara pengibaran bendera merah putih Hari Ulang Tahun kemerdekaan RI ke-69 di Lapangan Silang Selatan Monas, Minggu (17/8)

“Kedewasaan berpolitik dan berdemokrasi warga DKI Jakarta semakin baik dengan keikutsertaan menggunakan hak pilih mencapai 72 persen, sehingga pelaksanaan pemilu legislatif dan pemilu presiden-wakil presiden dapat berlangsung lancar, damai, aman dan kondusif. Atas pencapaian itu Pemprov DKI Jakarta mengucapkan terima kasih kepada segenap warga Kota Jakarta yang telah memberikan kontribusi terhadap kestabilan kota,” ucap Jokowi dalam pidatonya.

Dijelaskan Jokowi, tema peringatan HUT ke-69 kemerdekaan RI tahun 2014 ini adalah “Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Dukung Suksesi Kepemimpinan Nasional Hasil Pemilu 2014, Demi Kelanjutan Pembangunan Menuju Indonesia yang Maju dan Sejahtera”.

Dia juga menegaskan bahwa kita harus yakin suksesi kepemimpinan nasional akan berdampak pada perubahan yang lebih baik di berbagai bidang seperti ekonomi, sosial, pendidikan, kesehatan masyarakat, dan bidang-bidang lainnya.

“Selama 350 tahun kita dijajah, dan selama itu pula tidak terhitung banyaknya para pejuang yang gugur di bumi pertiwi. Namun bangsa Indonesia mampu bangkit dan melakukan perlawanan serta bersumpah untuk tidak dijajah lagi. Hikmah terbesar setiap kali memperingati hari bersejarah adalah melestarikan nilai-nilai perjuangan sebagai modal dan kekuatan untuk membangun bangasa, negara, masyarakat Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur,” kata dia.  

“Setelah kurang lebih 15 tahun era reformasi, kita merasakan dinamika perjalanan bangsa. Kini kita memantapkan transisi demokrasi. Telah banyak kemajuan, tetapi proses ini belum selesai, dan harus terus kita sempurnakan,” lanjutnya.

Beri Penghargaan

Pada kesempatan peringatan 17 Agustus di kalangan pegawai Pemprov DKI Jakarta itu, Jokowi mengucapkan selamat kepada 841 pegawai DKI yang menerima penghargaan Satya Lencana Karya, terdiri dari 369 pegawai yang telah mengabdi sebagai aparat pemerintah selama 30 tahun, 363 pegawai telah mengabdi selama 20 tahun, dan 109 pegawai telah mengabdi selama 10 tahun lebih.

Ucapan selamat juga saya sampaikan kepada para pemenang kegiatan penilaian pilar-pilar sosial berprestasi tingkat provinsi DKI tahun 2014.

Dia memberikan selamat pula kepada unit-unti yang mendapatkan penghargaan tingkat kepatuhan tinggi dari Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, antara lain unit pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) bidang penanaman modal dan promosi, unit pelayanan administrasi kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, unit pelayanan terpadu Dinas Kesehatan, unit perizinan transportasi angkutan darat Dinas Perhubungan, unit pelayanan Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan.

Tidak lupa Jokowi mengucapkan selamat kepada para pemenang lomba siskamling di DKI Jakarta tahun 2014, yaitu juara 1 RW07 kelurahan Rawa Badak, juara 2 RW01 Kelurahan Kamal, juara 3 RW07 Kelurahan Cempaka Putih, juara harapan 1 RW02 Kelurahan Pondok Kopi, juara harapan 2 RW10 Kelurahan Kebayoran Lama.

Jokowi berikan apresiasi pula kepada 30 orang anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi DKI Jakarta 2014 yang akan bertugas pada setiap kegiatan upacara bendera peringatan hari-hari besar di DKI Jakarta.

 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home