Loading...
EKONOMI
Penulis: Bayu Probo 15:33 WIB | Senin, 09 September 2013

Pidato Vladimir Putin dalam KTT G20

Para pemimpin negara-negara anggota G20 di St. Petersburg. (Foto: g20.org)

ST PETERSBURG, SATUHARAPAN.COM – Para peserta KTT berfokus pada investasi dan menciptakan lapangan kerja, antara isu-isu lainnya. Diskusi kemudian dilanjutkan dalam format sarapan bersama dengan partisipasi kepala negara dan organisasi internasional. Deklarasi Pemimpin G20 telah dipublikasikan seiring selesainya KTT G20 di St. Petersburg.

Presiden Rusia, Vladimir Putin, berpidato pada rapat kerja kedua pemimpin KTT G20:

***

Para hadirin yang terhormat, mari kita bersiap-siap untuk bekerja hari ini.

Nyatanya, pekerjaan ini telah dimulai. Kita bertemu pagi ini dengan perwakilan dari Bisnis 20 dan Buruh 20. Beberapa dari Anda mengambil bagian dalam pertemuan ini, dalam semua acara.

Subjek pertemuan kita hari ini adalah investasi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja.

Kita bekerja sangat produktif kemarin, berfokus terutama pada ekonomi global dan isu-isu pembangunan berkelanjutan. Hari ini, kita akan berbicara tentang investasi dalam pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan pekerjaan.

Ini merupakan prioritas dalam agenda G20 tahun ini dan masalah utama yang sangat menyita perhatian kita. Kita tidak hanya perlu untuk melindungi diri terhadap setiap krisis kambuhan, tetapi juga memastikan pertumbuhan ekonomi global yang stabil dalam jangka panjang global dan pembangunan berkelanjutan. Dan, kita dapat mencapai hal ini hanya melalui pembangunan. Inilah sebabnya mengapa negara-negara G20 dan seluruh dunia membutuhkan sumber pertumbuhan baru.

Pada saat yang sama, meskipun semua langkah yang diambil, tingkat pengangguran di negara-negara G20 masih lebih tinggi ketimbang sebelum krisis. Situasi berbeda dari satu negara ke negara lain, tetapi ada sejumlah masalah yang sangat serius yang memengaruhi sebagian besar negara-negara G20.

Pemuda pengangguran masih sangat tinggi, dan pengangguran struktural menjadi isu yang makin serius. Jumlah calon pekerja yang punya kualifikasi spesialis dan tidak dapat menemukan pekerjaan di bidang mereka juga tumbuh sepanjang waktu.

Penyebaran pekerjaan informal adalah memiliki dampak negatif pada pekerja dan keluarga mereka. Standar hidup mereka jatuh dan perlindungan sosial menurun. Dan, di negara-negara yang penerimaan pajak dan iuran pensiunnya menyusut, ini menciptakan kendala anggaran baru.

Namun, kebijakan ketenagakerjaan bukan hanya lembaga negara yang bertanggung jawab atas kebijakan sosial. Hal ini jelas bahwa perubahan nyata dalam perburuhan dan ketenagakerjaan memerlukan pendekatan sistem yang luas.

Kita tidak bisa menciptakan lapangan kerja berkualitas tinggi terpisah dari upaya pembangunan secara keseluruhan ekonomi nasional. Kita perlu bekerja secara komprehensif, dengan mempertimbangkan makroekonomi, kondisi keuangan, dan sosial.

Ahli kami sepakat bahwa salah satu faktor kunci dalam pelambatan ekonomi dan stagnasi dalam pekerjaan adalah penurunan signifikan dalam investasi jangka panjang. Secara keseluruhan, kita melihat seluruh rangkaian masalah: fragmentasi dalam sistem perbankan Uni Eropa, basis fiskal menyusut, potensi pinjaman lebih rendah dari bank-bank pembangunan, dan regulasi keuangan yang lebih ketat. Hal ini untuk alasan ini bahwa Rusia mengusulkan bahwa kita mencari sumber pendanaan baru untuk investasi.

Kami berterima kasih kepada rekan-rekan G20 kami dan organisasi internasional untuk dukungan mereka yang luas untuk agenda ini, termasuk dengan melakukan analisis yang komprehensif dari faktor kunci yang berdampak pada mobilisasi sumber daya internal dan memastikan pendanaan jangka panjang.

Poin yang ingin saya tekankan khususnya adalah, pertama, bahwa organisasi internasional, yang dipimpin Bank Dunia, telah menyusun sebuah laporan gabungan yang menganalisis penyebab utama penurunan pembiayaan investasi dan menyelidiki faktor-faktor yang menjadi kendala untuk meningkatkan iklim investasi.

Kedua, kelompok studi khusus telah dibentuk untuk meneliti masalah pembiayaan investasi. Ini telah mengumpulkan informasi mengenai pengalaman dan praktik negara yang berbeda ' dalam merangsang investasi jangka panjang.

Akhirnya, program telah dirancang untuk melaksanakan kajian dan menyusun rekomendasi mengenai perbaikan iklim investasi dan merangsang arus investasi.

Para ahli G20, bersama-sama dengan The Organization for Economic Co-operation and Development (OECD), telah menyusun Prinsip Tingkat Tinggi Pembiayaan Investasi Jangka Panjang oleh Investor Kelembagaan. Ini adalah kunci penting bagi kita untuk merangsang berbagai jenis investor—perusahaan asuransi dan dana pensiun.

Mereka menempatkan banyak berinvestasi di negara kita. Dan, kita harus memberi mereka kondisi yang mereka butuhkan menjalankan usaha. Setelah semua, aktivitas mereka difokuskan pada jangka panjang, dan jumlah sumber daya yang mereka milik sekitar US$90 triliun (Rp 990 ribu triliun), menurut angka dari 2012.

Sebuah Rencana Aksi G20 untuk mendukung pengembangan pasar obligasi mata uang lokal dan rekomendasi dalam melakukan diagnosa pasar untuk pasar obligasi mata uang lokal disusun. Obligasi yang diterbitkan dalam mata uang lokal merupakan sumber penting pembiayaan untuk investasi internal jangka panjang, terutama dalam infrastruktur.

Dalam hal ini kita mendukung melaksanakan reformasi kelembagaan dan peraturan yang dirancang untuk membangun kondisi yang diperlukan untuk mengembangkan pasar ini.

Penting bagi Dewan Stabilitas Keuangan melakukan pemantauan berkala tentang cara reformasi peraturan keuangan memengaruhi akses terhadap pembiayaan investasi jangka panjang.

Kita perlu membuat kemajuan yang konsisten di semua bidang ini. Kami mengharapkan usulan konkret dari Bank Dunia pada konsep mekanisme investasi global. Saya yakin bahwa pekerjaan di daerah ini akan terus dengan sukses di bawah Kepresidenan Australia atas G20 tahun depan.

Saya ingin mengangkat isu penting lain. Secara tradisional, agenda G20 telah mengabdikan banyak perhatian pada sektor energi, situasi di pasar bahan baku, pertumbuhan hijau dan perubahan iklim. Hal ini dapat dimengerti mengingat bahwa kualitas hidup masyarakat tergantung langsung pada pasokan energi yang andal dan terjangkau dan keamanan lingkungan.

Kolega, saya mengusulkan bahwa kita membahas semua masalah yang saya baru saja dijelaskan.

 

Vladimir Putin

Presiden Rusia

(g20.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home