Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:48 WIB | Sabtu, 31 Agustus 2013

Tak Ada Pertemuan Bilateral Antara AS dan Rusia di KTT G-20

Presiden AS, Barack Obama dan Presiden Rusia, Vladimir Putin dama sebuah pertemuan. (Foto: ria.ru)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM – Amerika Serikat tidak memjadwalkan pertemuan bilateral dengan Rusia selama pertemuan tingkat tinggi negera-negara maju yang merupakan kekuatan ekonomi utama dunia, G-20, pada awal September mendatang.

Pertemuan G20 akan berlangsu di St. Petersburg dengan Rusia sebagai tuan rumah.  Seorang pejabat senior AS menyebutkan bahwa pertemuan bilateral antara AS dan Rusia tidak ada dalam agenda KTT G-20.

"Pada saat ini tidak ada pertemuan bilateral… yang diharapkan antara kedua presiden, meskipun... Presiden (AS) dan Presiden Putin akan memiliki banyak kesempatan untuk terlibat selama sesi G-20," kata pejabat itu.

Presiden As, Barack Obama, membatalkan jadwal pertemuan dengan Vladimir Putin di Moskow yang direncanakan pada awal September. Pembatalan itu merupakan reaksi AS  setelah Rusia memberi suaka sementara untuk mantan intelijen AS, Edward Showden yang dituduh membocorkan rahasia Negara.

Hubungan antara Moskow dan Washington makin tegang karena perbedaan sikap atas perang sipil di Suriah dan adanya laporan serangan senjata kimia pekan lalu di Suriah.

Masalah Suriah dipastikan akan diangkat dalam pembicaraan di antara para pemimpin G-20, kata pejabat Gedung Putih. "Ada. Pada saat ini, tidak ada sesi formal maupun acara yang akan melibatkan masalah Suriah, tetapi kita tahu bahwa para pemimpin akan berbicara tentang hal itu," kata dia. (ria.ru)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home