Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:51 WIB | Rabu, 02 November 2022

PM India Perintahkan Penyelidikan Runtuhnya Jembatan Yang Menewaskan 135 Orang

Sembilan orang pejabat dan pengelola jembatan telah ditangkap.
Tim penyelamat mencari korban setelah jembatan gantung runtuh di kota Morbi di negara bagian barat Gujarat, India, 31 Oktober 2022. (Foto: Reuters)

NEW DELHI, SATUHARAPAN.COM-Perdana Menteri India, Narendra Modi, memerintahkan penyelidikan ekstensif atas runtuhnya jembatan di India barat yang menewaskan sedikitnya 135 orang selama akhir pekan dalam salah satu kecelakaan paling mematikan di negara itu dalam satu dekade.

Modi, pada hari Selasa (1/11), mengunjungi situs di mana jembatan era kolonial pernah berdiri di distrik Morbi di negara bagian asalnya, Gujarat.

Dia meninjau situasi dan menginstruksikan pihak berwenang untuk tetap berhubungan dengan keluarga yang terkena dampak untuk memastikan mereka menerima semua bantuan yang mungkin, menurut pernyataan dari kantornya.

"Kebutuhan saat ini adalah melakukan penyelidikan terperinci dan ekstensif yang akan mengidentifikasi semua aspek yang berkaitan dengan kecelakaan ini," kata pernyataan itu mengutip Modi.

Kecelakaan itu terjadi hanya beberapa pekan menjelang pemilihan negara bagian, yang diperkirakan akan diadakan pada bulan Desember.

Modi telah berada di jalur kampanye di Gujarat selama sepekan terakhir, menggembar-gemborkan dorongan pembangunan infrastruktur dan manufaktur negara bagian dan negara itu.

Jajak pendapat, yang terbaru diterbitkan awal bulan lalu, menunjukkan Partai Bharatiya Janata (BJP) yang berkuasa pimpinan Modi diproyeksikan memenangkan 135 hingga 143 kursi di majelis negara bagian yang beranggotakan 182 orang. Itu akan menjadi lompatan dari mayoritas sempit saat ini dari 92 kursi.

Namun, dengan Partai Aam Aadmi pemula yang akan bersaing dalam pemilihan negara bagian, BJP mungkin kehilangan sebagian suara dengan pendatang baru yang relatif cenderung memakan partai oposisi utama Kongres.

Melonjaknya inflasi dan pengangguran akan memiliki dampak yang lebih besar pada pemungutan suara daripada tragedi akhir pekan, kata Sanjay Kumar, seorang profesor di Pusat Studi Masyarakat Berkembang di New Delhi.

Sebuah survei di negara bagian oleh Lokniti-Centre for the Study of Developing Societies, yang diterbitkan pada 31 Oktober, memiliki setengah dari responden yang menyebutkan kenaikan harga sebagai masalah pemilihan yang paling penting. Sebanyak 15 persen lainnya meningkatkan pengangguran dan enam persen mengacu pada kemiskinan.

Tragedi itu juga telah menimbulkan kekhawatiran atas kelangsungan dorongan infrastruktur negara itu. Sejak berkuasa pada tahun 2014, Modi telah meningkatkan pengeluaran infrastruktur untuk menciptakan lapangan kerja baru dan meningkatkan ekonomi yang dilanda gelombang agresif infeksi COVID-19.

Jembatan telah dibuka untuk umum pekan lalu setelah berbulan-bulan renovasi. Sembilan orang, termasuk empat pejabat perusahaan yang mengelola jembatan, telah ditangkap, kata Ashok Kumar Yadav, seorang pejabat senior polisi negara bagian, pada hari Senin. Kelemahan teknis dan struktural dan beberapa masalah pemeliharaan tampaknya menjadi penyebab kecelakaan itu, katanya. (Bloomberg)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home