Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 08:44 WIB | Jumat, 08 April 2022

PM Pakistan, Imran Khan, Dalam Ancaman Mosi Tidak Percaya

Keputusan Mahkamah Agung Pakistan memutuskan bahwa pembubaran parlemen oleh Khan illegal.
PM Pakistan, Imran Khan, Dalam Ancaman Mosi Tidak Percaya
Pendukung partai oposisi Pakistan menyalakan kembang api untuk merayakan keputusan Mahkamah Agung, di Peshawar, Pakistan, Kamis, 7 April 2022. Mahkamah Agung Pakistan pada hari Kamis memblokir upaya Perdana Menteri Imran Khan untuk tetap berkuasa, memutuskan bahwa langkahnya untuk membubarkan Parlemen dan menyebut pemilu dini adalah ilegal. (Foto: AP/Muhammad Sajjad)
PM Pakistan, Imran Khan, Dalam Ancaman Mosi Tidak Percaya
Perdana Menteri Pakistan, Imran Khan. (Foto: dok. AP/Rahmat Gul)

ISLAMABAD, SATUHARAPAN.COM-Mahkamah Agung Pakistan pada Kamis (7/4) memblokir upaya Perdana Menteri Imran Khan untuk tetap berkuasa, memutuskan tindakan dia membubarkan Parlemen dan menyerukan pemilihan awal adalah ilegal.

Keputusan itu menciptakan panggung untuk mosi tidak percaya oleh anggota parlemen oposisi, yang mengatakan mereka memiliki cukup dukungan untuk menggulingkannya.

Keputusan itu menyusul empat hari sidang oleh pengadilan tinggi tentang krisis politik. Khan telah mencoba untuk menghindari mosi tidak percaya dengan menuduh lawan politiknya berkolusi dengan Amerika Serikat untuk menggulingkannya.

Anggota parlemen mungkin akan bersidang hari Sabtu (9/4) untuk pemungutan suara, dan oposisi mengatakan mereka memiliki 172 suara di majelis dengan 342 kursi yang dibutuhkan untuk menggulingkan Khan setelah beberapa anggota partainya sendiri dan mitra koalisi utama membelot.

“Ini keputusan yang tidak menguntungkan,” sekutu Khan dan Menteri Informasi, Fawad Chaudhry, mengatakan kepada The Associated Press menyusul keputusan bulat oleh lima anggota Mahkamah Agung. Dia memperingatkan bahwa "ketidakstabilan akan meningkat dan saya tidak melihat akhir dari krisis."

Lusinan polisi bersenjata lengkap yang didukung oleh paramiliter Rangers mengepung gedung Mahkamah Agung yang megah di Pakistan. Jalan menuju pengadilan diblokir dan kontingen polisi bersenjata lengkap juga mengepung Gedung Parlemen di dekatnya di mana oposisi dan anggota parlemen pemerintah tinggal saat sidang berlangsung.

Pemimpin oposisi, Shahbaz Sharif, yang mengepalai Liga Muslim Pakistan dan kemungkinan calon perdana menteri jika mosi tidak percaya berhasil, menyambut keputusan itu sebagai kemenangan untuk "keadilan dan supremasi hukum."

Krisis politik dimulai hari Minggu ketika Khan membubarkan Parlemen dan mengatur panggung untuk pemilihan awal. Chaudhry telah berdiri di Parlemen dan menuduh oposisi "tidak setia kepada negara" dengan bekerja dengan kekuatan asing untuk membawa "perubahan rezim."

Wakil ketua parlemen Qasim Suri mengutip tuduhan Chaudhry untuk membatalkan resolusi tidak percaya, tetapi Mahkamah Agung memutuskan bahwa Suri tidak memiliki alasan untuk melakukannya.

Selama sepekan, Mahkamah Agung mendengar argumen dari pengacara Khan, oposisi dan presiden negara itu sebelum menjatuhkan keputusan pada Kamis malam.

Khan mengatakan AS ingin dia dicopot karena apa yang dia gambarkan sebagai kebijakan luar negerinya yang independen, yang sering menguntungkan China dan Rusia. Dia juga telah menjadi pengkritik keras perang Washington melawan terorisme dan dikritik karena kunjungan ke Moskow pada 24 Februari, beberapa jam setelah Rusia menginvasi Ukraina.

Departemen Luar Negeri AS telah membantah terlibat dalam politik internal Pakistan. “Khan memanfaatkan sentimen anti Amerika yang kuat di Pakistan yang sepertinya tidak akan hilang dalam waktu dekat,” kata Elizabeth Threlkeld, pakar Pakistan di The Stimson Center yang berbasis di AS. “Orang-orang muda merupakan mayoritas di negara ini dan tumbuh selama dua dekade perang melawan teror, yang sangat kontroversial di Pakistan.”

Pengadilan tinggi Pakistan atau militernya yang kuat telah secara konsisten turun tangan setiap kali kekacauan melanda pemerintah yang terpilih secara demokratis. Tentara telah merebut kekuasaan dan memerintah selama lebih dari setengah dari 75 tahun sejarah Pakistan.

Militer tetap diam dalam krisis terakhir, meskipun panglima militer Jenderal Qamar Javed Bajwa mengatakan pada pertemuan puncak keamanan di Islamabad akhir pekan lalu bahwa Pakistan menginginkan hubungan baik dengan China, investor utama, dan juga dengan AS, negara terbesar dalam pasar ekspor. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home