Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 07:25 WIB | Jumat, 24 Juli 2015

PM Tiongkok Puji Berdirinya Bank BRICS, Genjot Ekonomi

Li Keqiang (kanan) saat bertemu pada Kamis (23/7) di Beijing dengan Presiden NDB, K.V Kamath (kiri). (Foto: news.cn)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM – Perdana Menteri (PM) Tiongkok Li Keqiang memuji pendirian Bank Pembangunan Baru (NDB) yang diprakarsai lima negara kekuatan ekonomi baru (Brasil, Rusia, India, Tiongkok, dan Afrika Selatan.

“Ini adalah langkah yang baik dalam kerja sama keuangan diantara negara-negara yang memiliki kekuatan ekonomi baru, sama halnya dengan kita yang sedang ditunjang kekuatan perekonomian baru,” kata Li saat bertemu pada Kamis (23/7) di Beijing dengan Presiden NDB, K.V Kamath.

 NDB didirikan dengan tujuan pembiayaan infrastruktur terutama bagi negara-negara anggota BRICS. “Kami siap bekerja sama dan membangun NDB sebagai abad ke-21 bank pembangunan profesional, efisien, transparan dan hijau multilateral," kata Li.

Dia berharap bahwa NDB dapat membantu industrialisasi negara-negara berkembang, dan membantu dengan koneksi global.

Kamath mengatakan kepada Li NDB akan memanfaatkan potensi pertumbuhan ekonomi dan kerja sama industri antara BRICS negara dengan cara yang inovatif, untuk mencapai pembangunan umum.

Li mencatat bahwa perekonomian Tiongkok saat ini mencatat pertumbuhan 7 persen pada semester pertama 2015 dalam menghadapi berbagai tantangan, dan negara juga menyaksikan pertumbuhan lapangan kerja dan pendapatan masyarakat.

Dia menyebut saat ini Tiongkok unggul tiga faktor pendalaman reformasi dan dorongan kewirausahaan dan massa inovasi, Tiongkok mampu melakukan penyesuaian struktural dalam hal memperluas permintaan domestik, dan mampu menarik lebih banyak investasi asing.

Li Keqiang menyatakan Pemerintah Tiongkok yakin dan mampu benar menangani risiko dan tantangan, untuk mencapai pertumbuhan yang membaik dan mendorong Tiongkok untuk  lebih meningkatkan INdeks Harga produksi Tiongkok

Bank Pembangunan Baru diluncurkan oleh blok pasar negara berkembang BRICS telah memenangkan pujian yang tinggi dari masyarakat internasional, terutama perannya dalam membantu membangun sistem pemerintahan global yang lebih adil.

Lima negara yang tergabung dalam kekuatan ekonomi baru – BRICS (Brasil, Rusia, India, Tiongkok, dan Afrika Selatan) –  meluncurkan Bank Pembangunan Internasional (NDB). BRICS meluncurkan bank ini sebagai salah satu respons  terhadap kreditor internasional yang didukung Barat. 

Bank tersebut diluncurkan tidak lama setelah peluncuran bank lainnya, Bank Investasi Infrastruktur Asia (AIIB) yang juga dimotori Tiongkok.

“Jelas bahwa pembentukan lembaga-lembaga baru ini akan mematahkan monopoli Bank Dunia. Sekarang, akan ada lebih banyak pilihan bagi negara-negara peminjam, yang bisa memilih tawaran terbaik di antara lembaga-lembaga tersebut," kata Bala Ramasamy, profesor ekonomi pada sekolah bisnis  China Europe International Business School saat peluncuran  NDB di Shanghai, Rabu (22/7) seperti diberitakan Australian Financial Review, afr.com.

Tiongkok diperkirakan  mendominasi kedua bank internasional baru tersebut. Beijing memiliki saham terbesar, yaitu 31 persen di AIIB. Sementara dalam NDB, Tiongkok memberikan kontribusi sama dengan empat negara lainnya sebagai modal awal sebesar  50 miliar dolar AS, yang kemudian akan ditingkatkan menjadi dua kali lipat. Namun, Tiongkok juga memiliki 41 persen saham untuk dana cadangan sebesar  100 miliar dolar AS. (Xinhua.net.)

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home