Loading...
SAINS
Penulis: Daniel Dedy Darsono 13:14 WIB | Rabu, 18 September 2013

Poempida Minta Pemerintah Lebih Serius Siapkan Jaminan Sosial Kesehatan

Poempida Hidayatulloh. (Foto: poempida.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Anggota Komisi IX DPR RI Poempida Hidayatulloh meminta pemerintah lebih serius mempersiapkan jaminan sosial kesehatan.

Poempida menilai, jaminan sosial kesehatan merupakan pertarungan keberpihakan pemerintah kepada rakyat.

Hal tersebut dikemukakan Poempida menanggapi pemerintah yang kurang serius menyiapkan Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) di Kompleks Parlemen, Senayan, Rabu (18/9).

Poempida mengatakan, sejauh ini pemerintah belum terlihat adanya program sosialisasi kepada seluruh pihak terkait, seperti rumah sakit, klinik-klinik, tenaga profesional kesehatan, termasuk kepada seluruh rakyat yang akan membayar. "Terus terang saya mempertanyakan kesiapan implementasi SJSN," kata Poempida.

Poempida menilai, sampai saat ini belum terlihat upaya menyelesaikan peraturan perundang-undangan sebagaimana yang diperintahkan UU tersebut (UU SJSN, UU BPJS).

"Bagaimana mau implementasi Januari 2014?” keluh Poempida.

Rujukan SJSN

Terkait rujukan, Poempida mengatakan, selama ini orang bicara rujukan/referral hanya terbatas untuk kesehatan perorangan/pasien. "Padahal, yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat seperti ada wabah, penyakit menular, kelaparan, bencana, air bersih, dan lain-lain juga berlaku rujukan," kata Poempida

Poempida mengungkapkan, Hal lain, dalam upaya kesehatan tentu dikenal pula pelayanan paripurna karena dilakukan mulai dari promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif. Karena itu, aspek promotif preventif tidak terbatas hanya pada upaya kesehatan masyarakat, melainkan juga pada upaya kesehatan perorangan.

“Harus ada juga upaya promotif preventif dalam lingkup perorangan dan keluarga,” kata politisi Partai Golkar ini.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home