Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 10:41 WIB | Jumat, 15 Juli 2022

Polandia: Ditemukan Kuburan Massal Korban Genosida Nazi Jerman

Pekerjaan konstruksi berlangsung di bekas kamp konsentrasi Soldau Nazi Jerman di Dzialdowo, Polandia pada 13 Juli 2022, dekat dengan lokasi kuburan massal sekitar 8.000 korban Nazi Geman digali pada awal Juli 2022. (Foto: dok. AFP)

WARSAWA, SATUHARAPAN.COM-Sebuah kuburan massal berisi abu manusia yang setara dengan 8.000 orang telah ditemukan di dekat bekas kamp konsentrasi Nazi di Polandia, kata Institut Peringatan Nasional negara itu pada hari Rabu (13/7).

Lembaga tersebut, yang menyelidiki kejahatan yang dilakukan selama pendudukan Nazi di Polandia dan era komunis, mengatakan jenazah itu digali di dekat kamp konsentrasi Soldau, yang sekarang dikenal sebagai Dzialdowo, di utara Warsawa.

Nazi Jerman membangun kamp ketika menduduki Polandia selama Perang Dunia II, menggunakannya sebagai tempat transit, interniran, dan pemusnahan bagi orang Yahudi, lawan politik, dan anggota elite politik Polandia.

Perkiraan telah menempatkan jumlah tahanan yang terbunuh di Soldau pada 30.000, tetapi jumlah sebenarnya tidak pernah ditetapkan.

Penemuan suram sekitar 17,5 ton (15.800 kilogram) abu manusia berarti dapat diklaim bahwa setidaknya 8.000 orang tewas di sana, menurut penyelidik Tomasz Jankowski.

Perkiraan ini didasarkan pada berat sisa-sisa tubuh, dengan dua kilogram kira-kira sesuai dengan satu tubuh.

Para korban yang dimakamkan di kuburan massal "mungkin dibunuh sekitar tahun 1939 dan sebagian besar milik elite Polandia," kata Jankowski.

Pada tahun 1944, otoritas Nazi memerintahkan tahanan Yahudi untuk menggali mayat dan membakarnya untuk menghapus bukti kejahatan perang.

Andrzej Ossowski, seorang peneliti genetika di Universitas Kedokteran Pomeranian, mengatakan kepada AFP bahwa sampel dari abu telah diambil dan akan dipelajari di laboratorium.

“Kami dapat melakukan analisis DNA, yang akan memungkinkan kami untuk mengetahui lebih banyak tentang identitas para korban,” tambahnya, mengikuti penelitian serupa di bekas kamp Nazi di Sobibor dan Treblinka. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home