Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 16:50 WIB | Jumat, 10 Juni 2022

Polandia Jadi Tempat Tim Ukraina Menjamu Lawan di Liga Champion

Klub Shakhtar Donetsk, Ukraina, akan tur kemanusiaan ke Amerika Serikat.
Pemain Shakhtar Donetsk memasuki lapangan menjelang pertandingan sepak bola amal persahabatan melawan Olympiakos di stadion Karaiskaki di Piraeus, dekat Athena, pada hari Sabtu, 9 April 2022. (Foto: dok.AP Photo/Yorgos Karahalis)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM-Ukraina menjadi tuan rumah pertandingan Liga Champions, meskipun tempatnya di Polandia. Dan tim kesebelasan negara itu akan melakukan tur kemanusiaan ke Amerika Serikat.

Ini langkah bagi tim sepak bola papan atas Ukraina setelah delapan tahun diasingkan dari kota asalnya oleh agresi militer Rusia.

Kisah klub Shakhtar Donetsk, hanya bisa  bermain tandang sejak konflik di wilayah Donbas dimulai pada tahun 2014, dan kemudian invasi penuh oleh Rusia yang menghalangi sepak bola Ukraina tahun ini, mungkin hal yang unik dalam sepak bola dunia.

Direktur olahraga Shakhtar, Darijo Srna, mengatakan kepada The Associated Press bahwa klubnya adalah "satu-satunya dalam sejarah sepak bola" yang mengalami ujian semacam itu.

Tidak dapat menggunakan stadionnya yang bernilai US$ 400 juta sejak 2014, dipaksa untuk tinggal dan bermain di kota-kota yang diadopsi di seluruh Ukraina, Shakhtar sekarang tidak memiliki pertandingan kompetitif sejak Desember karena invasi Rusia.

Namun, Srna sedang mengatasi ketidakpastian atas klub itu untuk merencanakan musim baru di Liga Champions dan pembaruan Liga Premier Ukraina.

“Mereka menyerang negara kami, tanah kami,” kata Srna, mantan kapten Shakhtar dengan nomor punggung 33 dan dipensiunkan oleh klub. "Tapi pada akhirnya kita masih di sini, kita masih hidup."

Liga domestik yang ditinggalkan musim lalu, Rusia menyerbu satu hari sebelum akhir liburan pertengahan musim dingin, akan dimulai lagi pada bulan Agustus.

Kickoff Liga Champions digelar pada 6 September, setelah larangan UEFA terhadap tim Rusia menghapus Zenit St. Petersburg dan membantu mengangkat Shakhtar langsung ke-32 tim elite. Klub-klub Rusia telah mengajukan banding atas keputusan UEFA tersebut.

“Kami akan bermain di grup Liga Champions, mereka tidak akan bermain apa-apa,” kata Srna, merujuk pada klub-klub Rusia. “Mereka cukup menonton di televisi.”

Terlihat di seluruh dunia adalah "kemenangan kecil, tapi penting untuk sepak bola Ukraina dan Eropa," katanya tentang tim yang menghadapi Real Madrid, Inter Milan dan Sheriff Tiraspol di Kiev musim lalu.

Menjadi Tuan Rumah di Polandia

Namun, membawa pertandingan internasional ke Ukraina sekarang merupakan risiko keamanan yang tidak dapat diterima sehingga Shakhtar berbicara dengan Legia Warsawa tentang pementasan tiga pertandingan kandang Liga Champions.

"Minimal yang bisa kami berikan kepada Polandia adalah sepak bola Liga Champions," kata Srna. "Mereka membuka pintu negara untuk orang-orang Ukraina, mereka membuka hati mereka."

Tim akan tampil dalam seragam oranye dan hitam yang khas, tetapi dengan lebih banyak pemain yang tidak dikenal oleh pemirsa yang terbiasa dengan bintang inti Brasil seperti Fernandinho, Willian dan Douglas Costa selama dua dekade terakhir.

“Kami belum tahu dengan tim seperti apa, karena kurang lebih kami menjual atau meminjamkan semua pemain asing,” kata Srna dari London sambil menyayangkan “agen ingin mengambil pemain kami secara gratis. Mereka tidak menghargai situasi hari ini.”

Masa depan Shakhtar adalah “kurang lebih tim Ukraina dengan para pemain muda yang lapar.”

Meskipun lebih dari 100 penampilan untuk Kroasia, Srna berbicara tentang Donetsk di jantung industri Ukraina sebagai rumah setelah 15 tahun dan lebih dari 500 pertandingan sebagai pemain hingga 2018. Dia memenangkan 10 gelar liga dan mengangkat satu-satunya trofi Eropa The Miners, Piala UEFA 2009.

Kesetiaan Srna terkait dengan hubungan khusus dengan presiden miliarder Shakhtar, Rinat Akhmetov. Dia juga memiliki pabrik baja Azovstal di Mariupol yang merupakan simbol pembangkangan Ukraina dan pemboman Rusia.

Uang Akhmetov membangun stadion Donbass Arena yang menjadi kunci Ukraina menjadi tuan rumah bersama Kejuaraan Eropa 2012. Itu telah diabaikan tetapi tidak dihancurkan, kata Srna, selama pendudukan Rusia.

“Dia adalah kunci keberhasilan Shakhtar ini,” kata Srna tentang Akhmetov. “Dia adalah pria, orang yang tidak pernah menyerah. Di saat-saat sulit Anda harus membantu orang lain.”

Akhmetov pekan ini menjanjikan US$2 juta untuk membantu memulai kembali sepak bola Ukraina. Tingkat teratas 16 tim harus mencakup dua tim yang dipromosikan untuk menggantikan tim Mariupol dan Chornomorets Odesa, kata Srna.

Liga bertujuan untuk memainkan semua pertandingan di tanah Ukraina, meskipun Shakhtar akan mempersiapkan bulan depan di kamp pelatihan di Belanda dan Slovenia.

Setelah berkeliling Eropa pada bulan April untuk memainkan permainan penggalangan dana untuk upaya militer, Shakhtar kehabisan waktu untuk mengatur perjalanan serupa ke Amerika Serikat. Tur pada bulan Desember adalah pilihan, kata Srna.

“(Hal) yang paling penting adalah bermain,” katanya, “untuk menunjukkan kepada dunia bahwa kita masih hidup, bahwa kita berjuang, bahwa kita hidup, bahwa kita akan memiliki masa depan yang baik.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home