Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Sabar Subekti 05:18 WIB | Rabu, 25 Januari 2023

Polda Jateng Uji Coba ETLE Drone

Uji Coba ETLE Drone di Brebes, Jawa Tengah. (Foto: Humas Polda Jateng)

BREBES, SATUHARAPAN.COM - Ditlantas Polda Jawa Tengah melakukan uji coba tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) drone di Brebes. Uji coba dilakukan di simpang Tiga Exit Tol Brebes Timur, hari Selasa (24/1/23).

“Untuk uji coba ETLE drone di simpang Tiga Exit tol Brebes Timur kita bekerja sama dengan Asosiasi Drone Indonesia yang telah tersertifikasi menerbangkan ETLE drone,” kata Kanit V Sigar Subdit Gakkum Ditlantas Polda Jateng, Iptu Doohan Octa Prasetya.

Doohan mengungkapkan, nantinya, ETLE drone ini akan dioperasikan di 35 kabupaten di wilayah Jawa Tengah. Adapun cara kerja ETLE drone ini hampir sama ETLE statis dan ETLE mobile yang telah diberlakukan. Di antara yang menjadi sasaran utama pelanggaran adalah pengendara tak memakai helm, melawan arus hingga, dan melanggar marka jalan.

“Tujuan ETLE drone ini untuk mendisiplinkan pengguna jalan, dan menekan angka kecelakaan, sehingga membuat masyarakat lebih tertib dan disiplin berlalu lintas,” katanya.

Kelebihannya, tambah Iptu Doohan, ETLE drone mampu menjangkau lokasi yang tak terjangkau kedua ETLE lainnya. Karena kamera ETLE drone dapat melihat dengan jelas beberapa jenis pelanggaran lalu lintas. Kamera drone bisa memperbesar gambar hingga 12 kali.

“ETLE drone diterbangkan oleh pilot drone diarahkan ke atas tepat persimpangan jalan. Pilot hanya cukup melihat kamera monitor dalam alat pengendali. Jika ada pelanggaran lalu lintas, kamera dapat memperbesar (zoom) hingga terlihat jelas. Untuk kemudian, hasil kamera drone mode capture yang menjadi bukti tilang elektronik atas pelanggaran lalu lintas pengendara tersebut,” kata Doohan.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home