Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Dewasasri M Wardani 14:27 WIB | Jumat, 15 Januari 2016

Polda Metro, IMI, Pemda DKI Siap Mewadahi Balap Liar

Ilustrasi: balap motor. (Foto: ntmc-korlantaspolri co.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya bekerja sama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) serta Pemda DKI Jakarta, dalam rencana pelegalan kegiatan balap liar, akan menyediakan satu sarana sirkuit kecil di Jakarta pada Februari mendatang.

Rencana mewadahi balap liar itu bukan hanya sekadar meredam kegiatan balap ilegal, tapi juga mencari bibit pebalap profesional. Tempat khusus yang disediakan misalnya di Jalan Benyamin Sueb di Kemayoran, Jalan Asia Afrika, dan kawasan seputar Taman Mini Indonesia Indah.

Jeffrey JP, selaku pelaksana tugas di Sekretariat dan Olahraga IMI mengatakan, “Kerja sama ini sangat baik untuk IMI, karena bisa mendapatkan calon-calon pebalap berprestasi, yang tidak hanya akan mengharumkan Jakarta, tapi juga Indonesia. Ini juga jadi bukti kalau IMI tidak bisa berjalan sendiri, tanpa dukungan pihak lain seperti Dirlantas dan Pemerintah Daerah.”

Pemuda yang doyan kebut di jalan, selain karena hobi, juga ingin mencari jati diri, ingin populer. "Mereka juga ingin menunjukkan kalau mereka mampu. Karena dasar itu, salah satu jalan keluarnya, yaitu kami fasilitasi, selain menindak melalui jalur hukum,” katanya.

Terkait dengan itu, polisi akan menyiapkan mekanisme keamanan dan ketertiban dalam balapan jalanan itu untuk lebih aman.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Tito Karnavian mengatakan, "Kita akan follow up, kalau memang ada (tempat), kita akan cari tempatnya, setelah itu bagaimana mekanismenya, paling tidak ada standar pengamanan,” katanya, dikutip dari ntmc-korlantaspolri.co.id.

Kepolisian rencananya, akan memfasilitasi perlengkapan di 'sirkuit' jalanan tersebut, serta peraturan remaja yang akan balapan pun tidak sembarangan.

Perihal lokasi area balapan, pihak kepolisian tengah mencari lokasi yang baik, layak, aman dan dinilai kondusif serta tidak mengganggu ketertiban masyarakat banyak.

“Kalau mengganggu kepentingan umum, serta publik banyak yang komplain karena orang merasa terganggu, kemungkinan besar tidak akan berlanjut,” kata Kapolda Metro.

Kepolisian pun akan mengawasi dari sisi keamanan dan pengalihan arus lalu lintas. Di kawasan tersebut nantinya akan diterapkan seperti car free night.

 

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home