Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:53 WIB | Kamis, 06 April 2023

Polisi Israel Grebeg Masjid Al-Aqsa di Kota Tua Yerusalem

Polisi Perbatasan Israel dikerahkan di dekat Gerbang Singa ke Kota Tua Yerusalem selama penggerebekan oleh polisi Masjid Al-Aqsa, Rabu, 5 April 2023. Media Palestina melaporkan polisi menyerang jamaah Palestina, meningkatkan kekhawatiran akan ketegangan yang lebih luas sebagai umat Islam dan Hari libur Yahudi tumpang tindih. (Foto: AP/Mahmoud Illean)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Polisi Israel menggrebeg Masjid Al-Aqsa di Kota Tua Yerusalem hari Rabu (5/4) pagi dan menyerang jemaah Palestina, lapor media Palestina, meningkatkan kekhawatiran akan ketegangan yang lebih luas karena hari raya Islam dan Yahudi tumpang tindih.

Insiden itu memicu gelombang protes, kecaman, dan kekerasan Palestina. Militer Israel mengatakan peringatan sirene tentang roket yang masuk terdengar di komunitas Israel di sekitar Jalur Gaza.

Ketegangan telah tinggi di Yerusalem timur dan Tepi Barat selama berbulan-bulan, dan ketakutan akan kekerasan lebih lanjut dipicu dengan konvergensi bulan Ramadhan umat Islam dan Paskah.

Konfrontasi semacam itu di kompleks suci yang diperebutkan, tempat suci ketiga dalam Islam yang juga merupakan situs paling suci dalam Yudaisme dan disebut sebagai Temple Mount, telah memicu perang lintas batas yang mematikan antara Israel dan penguasa Hamas di Gaza di masa lalu, yang terakhir adalah pada tahun 2021.

Video di media sosial konon menunjukkan petugas polisi Israel memukuli warga Palestina dengan pentungan dan popor senapan di masjid di situs puncak bukit yang diperebutkan yang dihormati oleh Muslim dan Yahudi.

Kantor berita resmi Palestina, Wafa, melaporkan bahwa puluhan jemaah, yang menghabiskan sepanjang malam dalam salat Ramadhan, terluka ketika polisi menggrebeg masjid tersebut.

Belum jelas apa yang memicu kekerasan tersebut. Polisi Israel mengatakan mereka menggunakan kekerasan untuk mengevakuasi jamaah yang bersembunyi di masjid dengan kembang api, batu, dan tongkat. Mereka menambahkan bahwa seorang petugas terluka di kakinya oleh batu dan puluhan "perusuh" ditangkap.

Talab Abu Eisha, 49 tahun, mengatakan lebih dari 400 pria, wanita dan anak-anak sedang shalat di Al-Aqsa ketika polisi mengepung masjid. “Para pemuda ketakutan dan mulai menutup pintu,” katanya, seraya menambahkan bahwa pasukan polisi “menyerbu sudut timur, memukuli dan menangkap orang-orang di sana.”

"Itu adalah adegan kekerasan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam hal kebrutalan polisi dan niat untuk menyakiti para pemuda," katanya, menyangkal klaim polisi bahwa para pemuda menyembunyikan kembang api dan batu. Dia menambahkan bahwa polisi mencegah semua pria di bawah 50 tahun melewati gerbang Kota Tua menuju kompleks untuk sholat subuh.

Kekerasan di Yerusalem memicu protes dan kecaman dari warga Palestina. di Gaza, Hamas menyerukan protes besar dan orang-orang mulai berkumpul di jalan-jalan, dengan seruan untuk menuju perbatasan Gaza-Israel yang dijaga ketat untuk demonstrasi yang lebih keras.

Kepemimpinan Palestina mengutuk serangan terhadap jamaah. Juru bicara Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Nabil Abu Rudeineh, memperingatkan Israel bahwa tindakan seperti itu “melampaui semua garis merah dan akan menyebabkan ledakan besar.”

Di Gaza, kelompok militan Palestina Hamas dan Jihad Islam juga menyerukan warga Palestina di Yerusalem, Tepi Barat, dan Israel untuk pergi dan berkumpul di sekitar Masjid Al-Aqsa dan menghadapi pasukan Israel.

Militer Israel mengatakan militan Gaza menembakkan dua rentetan roket ke Israel selatan. Lima roket dicegat dan empat mendarat di area terbuka. Tidak ada laporan tentang korban atau kerusakan.

Sebelumnya pada hari Selasa, seorang tersangka Palestina menikam dua orang Israel di dekat sebuah pangkalan militer di selatan Tel Aviv, kata polisi, dalam insiden terbaru dalam serentetan kekerasan selama setahun yang tidak menunjukkan tanda-tanda mereda.

Layanan paramedis Magen David Adom mengatakan responden pertama merawat dua pria karena luka tusukan serius dan ringan dalam insiden di jalan raya dekat pangkalan militer Tsrifin. Orang-orang itu dibawa ke rumah sakit terdekat untuk perawatan luka mereka. Media Israel mengidentifikasi kedua korban sebagai tentara.

Polisi mengatakan bahwa warga sipil di tempat kejadian menangkap tersangka penyerang, yang dibawa ke tahanan polisi untuk diinterogasi.

Kekerasan Israel-Palestina telah melonjak selama setahun terakhir, karena militer Israel telah melakukan serangan hampir setiap malam di kota-kota, desa-desa dan desa-desa Palestina dan ketika orang-orang Palestina telah melakukan banyak serangan terhadap orang Israel.

Setidaknya 88 warga Palestina telah tewas oleh tembakan Israel tahun ini, menurut penghitungan Associated Press. Serangan Palestina terhadap Israel telah menewaskan 15 orang pada periode yang sama. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home