Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 13:29 WIB | Senin, 05 September 2022

Polisi Kanada Buru Dua Pelaku Penusukan Yang Tewaskan 10 Orang

Penyelidik memeriksa tanah di lokasi penusukan di Weldon, Saskatchewan pada hari Minggu, 4 September 2022. Serangkaian penusukan di komunitas Pribumi dan di desa Weldon menyebabkan banyak orang tewas dan lainnya terluka, kata polisi Kanada Minggu saat mereka mencari dua tersangka. (Foto: Heywood Yu/The Canadian Press via AP)

QUEBEC, SATUHARAPAN.COM-Polisi Kanada pada Minggu (4/9) mengatakan mereka sedang memburu dua tersangka yang diyakini telah membunuh 10 orang dan melukai sedikitnya 15 orang lainnya dalam penusukan di kawasan pribumi di Provinsi Saskatchewan.

Polisi menyebut Damien Sanderson dan Myles Sanderson sebagai dua tersangka dan mengatakan mereka bepergian dengan mobil Nissan Rogue hitam.

Serangan itu terjadi di beberapa lokasi, termasuk di James Smith Cree Nation dan Weldon di Saskatchewan, dan ada 13 TKP yang sedang diselidiki polisi, kata Royal Canadian Mounted Police di Saskatchewan.

Polisi mengatakan bahwa beberapa korban tampaknya menjadi sasaran para tersangka sementara yang lain diserang secara acak.

Mungkin ada korban luka tambahan yang membawa diri mereka ke berbagai rumah sakit, kata polisi kepada wartawan pada konferensi pers.

Para tersangka juga melukai 15 orang dalam serangkaian serangan pisau yang menyebabkan James Smith Cree Nation mengumumkan keadaan darurat dan mengguncang penduduk desa terdekat, Weldon.

“Tidak ada seorang pun di kota ini yang akan tidur lagi. Mereka akan ketakutan untuk membuka pintu mereka,” kata warga Weldon, Ruby Works, yang dekat dengan salah satu korban. Para tersangka diidentifikasi sebagai Damien Sanderson, 31 tahun, dan Myles Sanderson, 30 tahun.

“Mengerikan apa yang terjadi di provinsi kami hari ini,” kata Rhonda Blackmore, Asisten Komisaris RCMP di Saskatchewan, menambahkan ada 13 TKP di mana orang yang meninggal atau terluka ditemukan.

Blackmore mengatakan beberapa korban tampaknya menjadi sasaran para tersangka tetapi yang lain tampaknya diserang secara acak.

Ini adalah salah satu pembunuhan massal paling mematikan dalam sejarah Kanada. Amukan senjata paling mematikan dalam sejarah Kanada terjadi pada tahun 2020 ketika seorang pria yang menyamar sebagai petugas polisi menembak orang di rumah mereka dan membakar di seluruh provinsi Nova Scotia, menewaskan 22 orang. Seorang pria menggunakan sebuah van untuk membunuh 10 pejalan kaki di Toronto pada tahun 2019. Tetapi pembunuhan massal lebih jarang terjadi di Kanada daripada di Amerika Serikat.

Penusukan massal yang mematikan lebih jarang terjadi daripada penembakan massal tetapi telah terjadi di seluruh dunia. Pada tahun 2014, 29 orang ditebas dan ditikam sampai mati di sebuah stasiun kereta api di kota Kunming, barat daya China. Pada 2016, penusukan massal di sebuah fasilitas untuk penyandang disabilitas mental di Sagamihara, Jepang, menewaskan 19 orang. Setahun kemudian, tiga orang membunuh delapan orang di dalam kendaraan dan serangan penikaman di Jembatan London.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia "terkejut dan hancur oleh serangan mengerikan itu."

“Sebagai warga Kanada, kami berduka dengan semua orang yang terkena dampak kekerasan tragis ini, dan dengan orang-orang Saskatchewan,” kata Trudeau. (Reuters/AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home