Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 13:03 WIB | Senin, 05 September 2022

Presiden: Pasukan Ukraina Rebut Beberapa Pemukiman dari Pasukan Rusia

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy. (Foto: dok. Ist)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, pada hari Minggu (4/8) menyebutkan kemajuan serangan balasan Ukraina yang dimulai pekan lalu. Dia berterima kasih kepada pasukannya karena telah mengambil dua pemukiman di selatan, yang ketiga di timur, serta wilayah tambahan di timur negara itu.

Dia tidak mengatakan dengan tepat di mana wilayah itu berada dan tidak memberikan batas waktu kecuali mengatakan bahwa dia telah menerima "laporan bagus" pada pertemuan hari Minggu dari komandan militer dan kepala intelijennya.

Dalam pidato video malamnya, Zelenskyy berterima kasih kepada pasukannya karena membebaskan sebuah pemukiman di wilayah Donetsk timur, mencapai "tingkatan tertentu" juga di wilayah timur di arah Lysychansk-Siversk dan karena membebaskan dua pemukiman selatan.

Kyrylo Tymoshenko, wakil kepala kantor kepresidenan, sebelumnya pada hari Minggu memposting gambar tentara yang mengibarkan bendera Ukraina di atas sebuah desa yang dicapnya berada di wilayah selatan yang menjadi fokus utama serangan balasan.

“Vysokopilly. wilayah Kherson. Ukraina. Hari ini,” tulis Tymoshenko dalam sebuah posting Facebook di atas foto tiga tentara di atas atap, salah satunya memasang bendera Ukraina di sebuah pos.

Terletak di utara semenanjung Krimea, yang diinvasi dan dicaplok Moskow pada Februari dan Maret 2014, wilayah Kherson direbut oleh pasukan Rusia di awal konflik.

Lysychansk diklaim oleh separatis pro Rusia di wilayah Luhansk pada awal Juli sebagai bagian dari pertempuran atas daerah pertambangan batu bara Donbas di Ukraina timur, yang juga termasuk Siversk. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home