Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:53 WIB | Senin, 22 Agustus 2022

Polisi Pakistan Ajukan Tuduhan Terorisme pada Imran Khan

Mantan Perdana Menteri Pakistan, Imran Khan. (Foto: dok. AP/Rahmat Gul)

ISLAMABAD, SATUHARAPAN.COM-Polisi Pakistan telah mengajukan tuduhan terorisme terhadap mantan Perdana Menteri Imran Khan, kata pihak berwenang hari Senin (22/8). Ini meningkatkan ketegangan politik di negara itu ketika perdana menteri yang digulingkan itu mengadakan demonstrasi massal yang berusaha untuk kembali berkuasa.

Tuduhan itu menyusul pidato Khan di Islamabad pada hari Sabtu (20/8) di mana dia bersumpah untuk menuntut petugas polisi dan seorang hakim perempuan dan menuduh bahwa seorang pembantu dekatnya telah disiksa setelah penangkapannya.

Khan sendiri belum berbicara secara terbuka tentang tuduhan terbaru terhadapnya. Namun, pengadilan di Islamabad mengeluarkan apa yang disebut "jaminan pelindung" untuk Khan selama tiga hari ke depan, mencegah polisi menangkapnya atas tuduhan itu, kata Shah Mahmood Qureshi, seorang pemimpin senior di partai oposisi Tehreek-e-Insaf-nya.

Ratusan anggota Tehreek-e-Insaf berdiri di luar rumah Khan pada hari Senin (22/8) untuk menunjukkan dukungan ketika mantan perdana menteri mengadakan pertemuan di dalam. Partai tersebut telah memperingatkan bahwa mereka akan mengadakan rapat umum nasional jika Khan ditangkap saat bekerja untuk mencoba meredam tuduhan di pengadilan.

Di bawah sistem hukum Pakistan, polisi mengajukan apa yang dikenal sebagai laporan informasi pertama tentang tuduhan terhadap orang yang dituduh kepada hakim, yang memungkinkan penyelidikan untuk maju. Biasanya, polisi kemudian menangkap dan menanyai tersangka.

Laporan terhadap Khan termasuk kesaksian dari Hakim Ali Javed, yang menggambarkan berada di rapat umum Islamabad pada hari Sabtu dan mendengar Khan mengkritik inspektur jenderal polisi Pakistan dan hakim lainnya. Khan melanjutkan dengan dilaporkan mengatakan: “Anda juga bersiap-siap untuk itu, kami juga akan mengambil tindakan terhadap Anda. Kalian semua pasti malu.”

Khan bisa menghadapi beberapa tahun penjara dari tuduhan baru itu, yang menuduhnya mengancam petugas polisi dan hakim di bawah tindakan hasutan negara, yang berasal dari hukum era kolonial Inggris. Namun, dia tidak ditahan atas tuduhan lain yang lebih rendah yang dikenakan kepadanya dalam kampanyenya baru-baru ini melawan pemerintah.

Politisiasi dan Memihak di Pengadilan Pakistan

Peradilan Pakistan juga memiliki sejarah politisasi dan memihak dalam perebutan kekuasaan antara militer, pemerintah sipil dan politisi oposisi, menurut kelompok advokasi Freedom House yang berbasis di Washington. Perdana Menteri saat ini, Shahbaz Sharif, kemungkinan akan membahas tuduhan terhadap Khan pada pertemuan Kabinet yang dijadwalkan pada hari Selasa.

Khan berkuasa pada tahun 2018, berjanji untuk mematahkan pola aturan keluarga di Pakistan. Lawannya berpendapat dia terpilih dengan bantuan dari militer yang kuat, yang telah memerintah negara itu selama setengah dari 75 tahun sejarahnya.

Dalam upaya penggulingan Khan awal tahun ini, oposisi menuduhnya salah urus ekonomi karena inflasi melonjak dan nilai rupee Pakistan anjlok. Mosi tidak percaya parlemen pada bulan April yang menggulingkan Khan mengakhiri gejolak politik selama berbulan-bulan dan krisis konstitusional yang mengharuskan Mahkamah Agung untuk turun tangan. Sementara itu, tampaknya militer juga telah menjauh dari Khan.

Khan menuduh tanpa memberikan bukti bahwa militer Pakistan mengambil bagian dalam rencana AS untuk menggulingkannya. Washington, militer Pakistan dan pemerintah Sharif semuanya membantah tuduhan itu. Sementara itu, Khan telah melakukan serangkaian unjuk rasa massal yang mencoba menekan pemerintah.

Dalam pidato terakhirnya hari Minggu (21/8) malam di sebuah rapat umum di kota Rawalpindi di luar Islamabad, Khan mengatakan apa yang disebut "netral" berada di balik tindakan keras baru-baru ini terhadap partainya. Dia di masa lalu menggunakan frasa "netral" untuk militer.

“Sebuah rencana telah dibuat untuk menempatkan pesta kita di dinding. Saya yakinkan Anda, bahwa situasi Sri Lanka akan terjadi di sini,” ancam Khan, merujuk pada protes ekonomi baru-baru ini yang menggulingkan pemerintah negara pulau itu.

“Sekarang kami mengikuti hukum dan konstitusi. Tetapi ketika sebuah partai politik menyimpang dari jalan itu, situasi di dalam Pakistan, siapa yang akan menghentikan publik? Ada 220 juta orang.”

Larangan Media

Partai Khan telah mengadakan protes massal, tetapi pemerintah Pakistan dan pasukan keamanan khawatir popularitas mantan bintang kriket itu masih dapat menarik jutaan orang turun ke jalan. Itu lebih lanjut dapat menekan negara bersenjata nuklir itu karena berjuang untuk mendapatkan dana talangan US$7 miliar dari Dana Moneter Internasional di tengah krisis ekonomi, yang diperburuk oleh kenaikan harga pangan global yang sebagian disebabkan oleh perang Rusia terhadap Ukraina.

Pada hari Minggu, kelompok advokasi akses internet NetBlocks mengatakan layanan internet di negara tersebut memblokir akses ke YouTube setelah Khan menyiarkan pidato di platform tersebut meskipun ada larangan yang dikeluarkan oleh Otoritas Pengaturan Media Elektronik Pakistan.

Polisi menangkap pembantu politik Khan, Shahbaz Gill, awal bulan ini setelah dia muncul di saluran televisi swasta ARY TV dan mendesak tentara dan perwira untuk menolak mematuhi "perintah ilegal" dari pimpinan militer. Gill didakwa dengan pengkhianatan, yang menurut hukum Pakistan membawa hukuman mati. ARY juga tetap off-air di Pakistan setelah siaran itu.

Khan menuduh polisi menyalahgunakan Gill saat ditahan. Polisi mengatakan Gill menderita asma dan tidak pernah dianiaya saat ditahan.

Gill dipulangkan dari rumah sakit untuk menghadiri sidang pengadilan pada hari Senin apakah dia harus kembali ke penjara. Gill tampak sehat dalam tayangan televisi saat dia pergi ke pengadilan di tengah keamanan yang ketat

Pidato Khan hari Sabtu di Islamabad berfokus terutama pada penangkapan Gill. Sementara itu, polisi secara terpisah menangkap jurnalis Jameel Farooqi di Karachi atas tuduhannya bahwa Gill telah disiksa oleh polisi. Farooqi adalah pendukung vokal Khan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home