Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:45 WIB | Senin, 22 Agustus 2022

Somalia: Ekstremis Al-Shabaab Serang Hotel di Mogadishu, 12 Orang Tewas

Pandangan umum menunjukkan bagian dari Hotel Hayat, tempat serangan kelompok al-Shabaab yang terkait dengan Al-Qaeda di Mogadishu, Somalia 20 Agustus 2022. (Foto: Reuters)

MOGADISHU, SATUHARAPAN.COM-Sedikitnya 12 orang tewas di ibu kota Somalia, Mogadishu, setelah ekstremis Al-Shabaab menyerang sebuah hotel yang mengarah ke pengepungan yang masih coba diakhiri oleh pihak berwenang, kata seorang perwira intelijen, hari Sabtu (20/8).

Ekstremis menyerang Hotel Hayat pada Jumat (19/8) malam dengan dua bom mobil, sebelum memasuki fasilitas tersebut sambil menembakkan senjata mereka dan merebut kendali.

"Sejauh ini kami telah mengkonfirmasi 12 orang, kebanyakan warga sipil, tewas," kata Mohammed, seorang perwira intelijen yang hanya memberikan satu nama, mengatakan kepada Reuters "Operasi itu akan segera selesai tetapi masih berlangsung."

Suara ledakan terdengar di malam itu ketika pasukan pemerintah mencoba merebut kembali kendali hotel dari para militan, kata saksi mata. Sebagian besar hotel dihancurkan oleh pertempuran, kata mereka.

Kelompok Al-Shabaab yang terkait dengan Al-Qaeda mengaku bertanggung jawab atas serangan itu, menurut terjemahan oleh SITE Intelligence Group, yang memantau pernyataan kelompok ekstremis.

Al-Shabaab telah berjuang untuk menggulingkan pemerintah Somalia selama lebih dari 10 tahun. Ia ingin mendirikan aturannya sendiri berdasarkan interpretasi hukum Islam yang ketat.

Hotel Hayat adalah tempat yang populer di kalangan anggota parlemen dan pejabat pemerintah lainnya, tetapi tidak ada informasi segera apakah ada di antara mereka yang terperangkap dalam pengepungan. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home