Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 09:40 WIB | Selasa, 25 April 2023

Polisi Prediksi Terjadi Dua Puncak Arus Balik Lebaran 2023

Dirgakkum Korlantas Polri, Brigjen. Pol. Aan Suhanan. (Foto: dok. Ist)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Polri memprediksi akan ada dua gelombang arus balik Lebaran 2023. Kepolisian bersama instansi terkait lainnya pun sudah menyiapkan strategi agar tidak terjadi kemacetan.

"Gelombang pertama 24 April sampai 25 April 2023, gelombang kedua tanggal 29 April sampai 1 Mei 2023," kata Dirgakkum Korlantas Polri, Brigjen. Pol. Aan Suhanan, hari Minggu (23/4/23)

Dia mengungkapkan bahwa pihaknya menyiapkan dua skenario, yaitu sistem one way atau satu arah dari KM 414 gerbang tol Kalikangkung sampai KM 72 Cikatama. Walaupun begitu, sistem one way tersebut masih bersifat situasional, tidak harus diterapkan sampai KM 72. Lalu lintas bisa dinormalisasi mulai km 188 Tol Palimanan bila visi rasio kendaraan bisa ditoleransi.

Selain itu, Polri juga menyiapkan sistem contra flow yang rencananya berlaku mulai km 72 Cikatama hingga km 47 Karawang Barat.

"Di jalan tol juga ada trouble spot di rest area karena dari pengalaman tahun lalu terjadi pelambatan pergerakan arus kendaraan," katanya.

Strategi untuk mengatasinya, mengatur arus masuk kendaraan ke rest area. Kendaraan kini diarahkan memutar ke belakang yang biasanya digunakan untuk kendaraan besar. "Jadi tidak langsung berhenti di depan tenant agar tidak mengganggu kendaraan di belakang yang juga ingin masuk," katanya.

Polri mengimbau masyarakat menggunakan rest area dengan bijak. Caranya dengan membatasi waktu paling lama 30 menit supaya bisa bergantian dengan pengendara lainnya.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home