Loading...
INDONESIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 09:30 WIB | Kamis, 22 Mei 2014

Polri: Pilpres Satu Putaran Hemat Rp 200 Miliar

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto (tengah) bersama Ketua KPU Husni Kamil Manik (kanan) dan Wakapolri Badrodin Haiti (kiri) saat menggelar jumpa pers terkait dengan pengamanan dan keamanan penyelenggaraan Pemilu 2014 di kantor Kemenko Polhukam Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (7/4) (Foto: Dedy Istanto).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Asisten Operasi Kapolri Irjen Arif Wachjunadi mengatakan bahwa penyelenggaraan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 satu putaran bisa menghemat sekitar Rp 200 miliar dari total anggaran yang disiapkan sebesar Rp 600 miliar.

"Kalau satu putaran, itu kira-kira anggarannya Rp300 miliar sampai Rp 400 miliar. Jadi bisa menghemat sekitar Rp 200 miliar dari anggaran yang disiapkan sebesar Rp 600 miliar," kata Arif di Lembang, Kamis.

Untuk pelaksanaan Pilpres, Polri melakukan pengamanan dengan ekstra tenaga tanpa menambah jumlah personel dibandingkan pemilu legislatif.

Hal itu, antara lain disebabkan pelaksanaan kampanye peserta Pilpres lebih panjang daripada peserta pemilu legislatif.

"Jadi akan ada perubahan masa kampanye dari 21 hari (saat pemilu legislatif.) menjadi 30 hari," tambahnya.

Dia menjelaskan bahwa anggaran pengamanan yang disiapkan untuk pelaksanaan Pemilu, baik legislatif dan presiden-wakil presiden, sebesar Rp1,6 triliun. Anggaran pengamanan untuk Pilpres itu dialokasikan untuk dua kali putaran.

"Anggaran Rp 1,6 triliun itu dengan catatan Rp 1 triliun dianggarkan oleh Menteri Keuangan, kemudian yang Rp 600 miliar dari realokasi anggaran APBN Polri Tahun 2014," jelasnya.

Untuk pelaksanaan Pemilu Anggota DPR, DPD dan DPRD lalu, Polri telah menghabiskan dana anggaran sebesar Rp900 miliar.

Sedangkan untuk Pilpres, Arif mengatakan jumlah personel polisi yang disiagakan tidak bertambah dari anggota yang mengamankan pelaksanaan pemilu legislatif.

"Untuk jumlah pasukan tidak bertambah. Pemilu legislatif dan pilpres kekuatannya sama yaitu 235.035 personel," ujarnya.

Pengamanan dari Polri dilakukan sejak tahapan produksi logistik pemilu legislatif hingga pelantikan capres dan cawapres terpilih pada 20 Oktober. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home