Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 10:44 WIB | Minggu, 22 Agustus 2021

Polri Ungkap Aliran Dana JI hingga Ratusan Miliar Rupiah

Kadiv Humas Polri, Irjen. Pol. Argo Yuwono. (Foto: Humas Polri)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Densus 88 Anti-teror Polri membongkar aliran pengumpulan dana dari kelompok teroris Jamaah Islamiyah (JI) sejak 2014 lalu. Tercatat, dana yang telah terkumpul mencapai ratusan miliar rupiah.

“Total aliran dana yang berhasil dikumpulkan melalui bantuan yayasan dan masyarakat sekitar Rp 124 miliar lebih,” kata Kadiv Humas Polri, Irjen. Pol. Argo Yuwono, dalam keterangan tertulis hari Minggu (22/8).

Diketahui, Syam Organizer, yang menjadi salah satu yayasan yang mengumpulkan dana tersebut. Dari total Rp 124 miliar, dan sebanyak Rp 1,2 miliar telah disalurkan ke kelompok Jamaah Islamiyah (JI).

Berdasarkan data yang telah dihimpun, dana ratusan miliar tersebut didapatkan dari perusahaan logistik atas nama PT SM sebesar Rp 370 juta, dari Syam Organizer Rp 1,9 miliar lebih, dari perusahaan logistik PT SJA senilai Rp 67 juta, serta aliran dana dari dua rekening berbeda sebesar Rp 1,2 miliar.

“Ada aliran dana sebesar Rp 1,2 miliar dari rekening FS dan RB,” katanya. Selain itu, ada juga aliran dana yang bersumber dari BM ABA sebesar Rp 104 miliar lebih serta dana dari sumber lainnya.

Diketahui, dana tersebut telah digunakan untuk pembelian sebidang tanah di Pulau Kangean, Jawa Timur, senilai Rp 16,814 miliar dan biaya operasional lainnya.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home