Loading...
SAINS
Penulis: Febriana Dyah Hardiyanti 12:43 WIB | Senin, 20 Juni 2016

Potensi Daun Sirsak untuk Luka Diabetes

Daun sirsak. (Foto: tips-ukm.com)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Sejumlah mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) melakukan penelitian guna mengetahui potensi daun sirsak untuk penyembuhan luka penderita diabetes.

Mereka adalah Elsa Mukti Atmaja, Nurulita Ainun Alma, Muhamad Rendi, Afifah Khoiru Nisa, dan I Gede Agus Brahmantya N.

Penelitian ini berawal dari keprihatinan mereka terhadap penderita diabetes yang mengalami ulkus diabetikum pada kaki. Penanganan yang kurang tepat dapat mengakibatkan amputasi karena kematian jaringan yang lebih besar.

"Kaki yang tidak sembuh ini menyumbang 85 persen total kasus amputasi ekstremitas bawah," kata Elsa seperti dilansir ugm.ac.id, hari Jumat (17/6).

Sementara dari beberapa studi yang telah dilakukan sebelumnya, diketahui daun sirsak dapat menurunkan kadar gula darah pada tikus yang diinduksi diabetes hingga 75 persen tanpa memberi efek toksik bagi tikus yang sehat.

Selain itu, daun ini juga dapat mempercepat pernyembuhan luka karena kandungan antioksidan dan anti-inflamasi.

Mereka pun meneliti lebih lanjut untuk mengetahui efek ekstrak daun sirsak pada penyembuhan luka diabetes. Dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan alternatif terapi terhadap penyembuhan luka pada penderita diabetes.

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home