Loading...
RELIGI
Penulis: Dewasasri M Wardani 15:22 WIB | Rabu, 08 Oktober 2014

Potret Unik Yesus Muda Ditemukan di Spanyol

Potret unik Yesus muda ditemukan di Spanyol. (Foto: bbc.co.uk)

LINARES SPANYOL, SATUHARAPAN.COM  -  Para arkeolog menyatakan telah menemukan salah satu potret termuda Yesus Kristus, wajahnya tampak bersih, tanpa janggut dan rambutnya pendek, pada sebuah piring kaca yang digali di Spanyol selatan.

Tim arkeolog menemukan sejumlah fragmen kaca selama tiga tahun penggalian di reruntuhan kota kuno Castulo, dan pada Juli menggali beberapa potongan yang lebih besar dengan desain yang menarik perhatian mereka.

Ketika disatukan, potongan tersebut membentuk sebuah piring yang berasal dari abad keempat, memperlihatkan ukiran Yesus sedang mengenakan toga Romawi dan memiliki gaya rambut rapi.

Para peneliti mengidentifikasinya sebagai sebuah paten, sebuah piring untuk menyimpan roti untuk komuni.

Mereka menyatukan lebih dari 80 persen bagian piring yang berdiametrer 22 sentimeter. Piringnya dipajang di sebuah museum di Kota Linares, Spanyol tenggara, pada bulan ini.

Ketua penggalian, Marcelo Castro, menilai penemuan tersebut sebagai “dokumen kuno yang luar biasa”.

Tiga sosok dengan lingkaran suci di atasnya juga terukir, dengan Yesus berada di tengah mereka, menggenggam salib dan sebuah Injil, diapit dua pria yang diduga adalah Rasul Petrus dan Paulus.

Para ahli mengatakan, tampilan Yesus yang tanpa janggut dengan rambut pendek merupakan ciri-ciri yang jarang ditemui dalam penggambaran Yesus.

Menurut Castro piring itu merupakan peninggalan penting untuk menggambarkan masa-masa awal gereja, tidak lama setelah Kaisar Konstantinus mengadopsi kekristenan.  (AFP/Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home