Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Sabar Subekti 06:18 WIB | Sabtu, 22 Oktober 2022

Prancis Dirikan Monumen Hormati Peran Anjing dalam Perang

Seorang tentara Prancis dengan anjingnya Sparcel berdiri di depan selama upacara di Suippes, Prancis timur, Kamis, 20 Oktober 2022. (Foto-foto: AP/Christophe Ena)

PARIS, SATUHARAPAN.COM-Dari melacak tersangka dalam serangan teror Paris tahun 2015 hingga memerangi ekstremis di wilayah Sahel Afrika, anjing telah membantu tentara Prancis, petugas polisi, dan tim penyelamat menyelamatkan nyawa selama lebih dari satu abad.

Sebagai pengakuan atas mitra berkaki empat, Prancis pekan ini meresmikan sebuah peringatan yang memberi penghormatan kepada semua “anjing pahlawan sipil dan militer.” Ini menampilkan patung karya seniman Prancis-Kolombia Milthon yang menggambarkan seorang tentara Perang Dunia I dan anjingnya beraksi bersama.

Monumen ini terletak di depan balai kota di Suippes, bagian dari wilayah timur laut Prancis yang menyaksikan pertempuran besar selama Perang Dunia I. Penempatan tersebut mengakui peran penting yang dimainkan anjing di tentara Amerika Serikat dan Eropa saat itu.

Suippes juga merupakan rumah bagi kennel militer terbesar di Eropa, tempat anggota resimen infanteri anjing ke-132 tentara Prancis melatih anjing untuk tugas militer. Resimen saat ini terdiri dari 650 personel tentara dan 550 anjing.

Monumen untuk menghormati anjing pahlawan adalah inisiatif dari klub kennel Prancis, Centrale Canine. Hewan-hewan dari resimen tentara menghadiri upacara pada hari Kamis yang meresmikan peringatan itu dengan mengenakan medali militer mereka.

“(Pengakuan) ini sangat penting, karena anjing, seperti manusia, menjalankan misi, tetapi kami tidak meminta pendapat mereka. Jadi bagi saya, adil untuk memberi mereka kembali medali,”ckata Johann, seorang ajudan di unit tempur.

Dia dan anggota unit manusia lainnya hanya dapat diidentifikasi dengan nama depan mereka untuk alasan keamanan terkait status militer mereka.

Resimen di Suippes sedang mempersiapkan anjing untuk zona pertempuran di mana mereka akan ditugaskan untuk mengendus dan mengejar musuh potensial. Beberapa juga dilatih untuk mendeteksi bahan peledak dan obat-obatan. Setiap anjing dipasangkan dengan seorang prajurit.

Johann, anggota resimen selama 12 tahun, kini berpasangan dengan seekor anjing gembala Belanda bernama Nasky. Dia kehilangan seekor anjing dalam aksi, meskipun memiliki rekan yang kemudian memilikinya.

“Ini signifikan dari sudut pandang psikologis dan sangat sulit bagi pawang. Tetapi pada saat-saat itu, kami mengambil sendiri (untuk melanjutkan) dan ketika kami tidak memiliki anjing kami lagi, kami masih adalah tentara infanteri dan kami harus dapat melanjutkan misi kami,” katanya.

Resimen itu terlibat dalam operasi Prancis di luar negeri, termasuk di wilayah Sahel Afrika, Afrika Barat dan Timur Tengah. Mereka juga dikirim dalam misi domestik dan bekerja di wilayah Prancis di luar negeri, seperti memerangi perdagangan emas di Guyana Prancis.

Anjing-anjing yang dipilih untuk pelatihan terkadang direkrut ketika mereka masih anak anjing, tetapi kebanyakan berusia 18 bulan. Banyak yang datang dari Perancis, yang lain dari Belanda, Jerman dan negara-negara di Eropa Timur.

Mereka menjalani serangkaian tes untuk melihat apakah mereka antusias menggigit, mau bermain dan tidak mudah kaget di lingkungan yang penuh tekanan. Kualitas terpenting yang dibutuhkan adalah keberanian, kata prajurit resimen.

“Kami banyak menggunakan indra penciuman mereka, penglihatan mereka, kemampuan fisik mereka. Itu sebabnya kami memiliki banyak anjing gembala Belgia, Jerman, anjing yang bisa berlari, yang tahan terhadap panas dan dingin,” jelas anggota unit anjing Audrey. “Mereka adalah anjing pekerja yang sangat baik.”

Ketika mereka tidak lagi dapat memenuhi misi mereka, anjing-anjing tersebut pensiun. Audrey berencana untuk menjaga pasangannya, Moocki, bersamanya di rumah ketika saatnya tiba. Dia menjelaskan “mitra adalah orang-orang dalam posisi terbaik untuk menjadi keluarga” bagi anjing pensiunan.

“Kami mencoba, sebagai pawang, untuk melakukan ini sebaik mungkin... tergantung pada anjingnya, karakternya. Beberapa anjing mungkin juga mengalami gangguan stres pasca-trauma,” katanya.

Prancis menciptakan departemen pertamanya untuk melatih anjing untuk tugas aktif selama Perang Dunia I. Mereka mencari tentara yang terluka, memperingatkan penjaga dan membawa pesan, makanan, dan amunisi di garis depan perang pada kurun 1914-1918.

Upacara hari Kamis di Prancis secara khusus memberikan penghormatan kepada Diesel, seekor anjing polisi yang terbunuh dalam serangan yang menargetkan dalang serangan Paris pada tahun 2015, dan kepada Leuk, seekor anjing penyerang militer Prancis yang dibunuh oleh seorang ekstremis di Mali pada tahun 2019.

Negara-negara lain telah mengakui kontribusi anjing pada masa perang. Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, memberikan medali kepada anjing terrier Jack Russell bernama Patron yang mengendus ranjau setelah Rusia menginvasi Ukraina. Patron kemudian menerima kunjungan dari Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, yang memujinya sebagai "terkenal di dunia."

Di Amerika Serikat, monumen nasional pertama yang didedikasikan untuk tim anjing pekerja militer diresmikan pada tahun 2013 di Pangkalan Bersama San Antonio-Lackland di Texas, rumah bagi pusat pelatihan anjing militer terbesar di dunia. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home