Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Sabar Subekti 05:45 WIB | Minggu, 15 Mei 2022

Logan, Anjing Yang Disiksa Menjadi Pelacak Bom Pasukan Hongaria

Logan, Anjing Yang Disiksa Menjadi Pelacak Bom Pasukan Hongaria
Sersan Kelas 1, Balazs Nemeth, dan anjing pelacak bomnya, Logan, terlihat bersama di garnisun Pembuangan Senjata Peledak dan Resimen Kapal Perang Angkatan Pertahanan Hongaria di Budapest, Hongaria, 28 April 2022. (Foto-foto: A/Bela Szandelszky)
Logan, Anjing Yang Disiksa Menjadi Pelacak Bom Pasukan Hongaria
Sersan Balaz Nemeth dan anjing pelacak bomnya, Logan, terlihat bersama di dek kapal militer di Budapest, Hongaria, 28 April 2022.

BUDAPEST, SATUHARAPAN.COM-Militer Hongaria telah menemukan misi baru untuk seekor anjing berbakat yang diselamatkan dari pemilik yang kejam. Mereka merekrut Logan, nama anjing itu, yang berusia dua tahun untuk bertugas dalam operasi kontra terorisme pada regu pasukan elite penjinak bom.

Anjing jenis gembala Belgia sedang menjalani pelatihan intensif sebagai anjing pendeteksi bahan peledak untuk pembuangan persenjataan bahan peledak dan resimen kapal perang Angkatan Pertahanan Hongaria.

Di unit garnisun di Sungai Danube di ibu kota Budapest, Logan menerima sosialisasi dan latihan kepatuhan setiap hari, dan dilatih untuk mengenali bau 25 bahan peledak yang berbeda.

“Dia sudah mulai belajar bagaimana mencium bahan peledak di lingkungan yang benar-benar homogen, dan dia juga sudah mulai belajar mencari kendaraan bermotor dan kapal,” kata pelatih Logan, Sersan Kelas 1, Balaz Nemeth.

Peran baru Logan sebagai pelacak bom setelah kehidupan awal yang penuh dengan kesulitan. Pada tahun 2021, petugas kesejahteraan hewan menerima informasi bahwa seekor anjing dianiaya dan ditahan dalam kondisi yang tidak baik di sebuah pemukiman pedesaan di timur laut Hongaria. Selama pemeriksaan di tempat, petugas menemukan Logan diikat dengan rantai sepanjang satu meter dan menderita kekurangan gizi.

Beberapa pekan kemudian, Nemeth, petugas pelatihan resimen, mengunjungi tempat penampungan di mana Logan ditempatkan dan mulai menilai kelayakannya untuk menjadi pelacak bom profesional.

“Saat kami bertemu dengannya, kesan pertama sangat positif. Kami melihat seekor anjing yang termotivasi dengan baik dalam kondisi yang relatif baik dan kami langsung percaya padanya,” kata Nemeth.

Dalam demonstrasi di unit garnisun, Nemeth membuka kotak berisi dua lusin botol bahan peledak tiruan seperti C-4, TNT, amonium nitrat, dan lainnya, yang dilatih untuk dideteksi oleh Logan.

Setelah menyembunyikan paket kecil bahan peledak di celah tersembunyi di salah satu perahu sungai resimen, Nemeth membawa Logan ke area pelatihan di mana dia segera bekerja mengendus paket, yang dia temukan dalam hitungan detik. Tubuh anjing itu menegang saat dia menunjuk dengan hidungnya ke sumber bau, memperingatkan pawangnya.

Komandan resimen, Kolonel Zsolt Szilagyi, mengatakan bahwa peningkatan penggunaan alat peledak improvisasi oleh sel-sel ekstremis sejak pergantian milenium telah mengharuskan penggunaan metode baru untuk mendeteksi potensi bom.

“Ini adalah tantangan yang harus ditanggapi oleh militer, dan salah satu cara terbaik untuk mendeteksi perangkat ini adalah dengan menggunakan anjing pendeteksi bahan peledak,” kata Szilagyi. “Kawan-kawan berkaki empat ini telah mendukung kegiatan tentara penjinak bom kami.”

Logan, katanya, akan bertugas sebagai inspektur situs-situs penting di Hongaria, dan dapat dikirim bersama militer negara itu ke misi NATO di luar negeri.

Sementara anjing yang diselamatkan sering kali memberikan tantangan dalam pelatihan mengingat latar belakang mereka yang sering traumatis, Nemeth mengatakan dia yakin bahwa Logan akan berhasil dan menjadi tambahan yang berharga untuk unit tersebut.

“Logan sangat berharga karena sekitar satu dari 10.000 anjing yang diselamatkan layak untuk dinas militer, baik secara medis maupun psikologis,” katanya.

Merekrut anjing yang diselamatkan sering kali mengungkapkan kemampuan mereka yang belum ditemukan, dan memungkinkan mereka menemukan rumah baru di mana mereka dapat berkembang, kata Szilagyi.

“Ada anjing yang memiliki potensi besar tetapi untuk beberapa alasan mereka terpinggirkan,” katanya. “Kita dapat memberikan anjing-anjing ini kesempatan baru untuk ditempatkan dalam sebuah keluarga, sehingga mereka dapat menjalani kehidupan yang layak di tangan yang penuh kasih, kompeten, dan berguna.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home