Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 14:30 WIB | Rabu, 16 Desember 2015

Prancis Gunakan Rudal Jelajah Lawan ISIS

Tim dek penerbangan sedang bekerja di sekitar jet tempur super Etendard sementara bendera Perancis berkibar di atas kapal bertenaga nuklir Perancis kapal induk Charles de Gaulle sebelum keberangkatan dari pangkalan angkatan laut dari Toulon. (Foto: Reuters)

PARIS, SATUHARAPAN.COM – Angkatan udara Prancis pertama kali menggunakan rudal jelajah untuk menyerang Negara Islam Irak dan Suriah (NIIS atau ISIS) di Irak pada hari Selasa (15/12), kata kementerian pertahanan.

"(Rudal) diluncurkan dari Uni Emirat Arab dan Yordania. Serangan itu terdiri dari selusin pesawat tempur yang dilengkapi dengan rudal jelajah dan bom," kata kementerian Prancis dalam sebuah pernyataan.

Pesawat tersebut menargetkan sebuah bangunan di daerah Al-Qaim di Irak barat, yang merupakan pemukiman sipil yang juga berfungsi sebagai "pusat pelatihan dan depot logistik (ISIS)," kata kementerian itu.

Rudal jelajah Scalp, yang dipandu oleh komputer, dapat menempuh perjalanan jauh dengan presisi lebih besar dari bom normal. Kementerian Prancis mengklaim itu sangat berguna di daerah-daerah sipil.

Prancis, yang telah terlibat dalam serangan udara koalisi anti ISIS pimpinan Amerika Serikat  di Irak sejak September 2014, memperluas serangan mereka di Suriah untuk 12 bulan kemudian.

Presiden Prancis, Francois Hollande, menyatakan, negaranya berperang dengan ISIS. Kelompok teroris ini menguasai sekitar sepertiga dari wilayah Irak dan setengah dari wilayah Suriah. Wilayah itu dikuasai setelah kelompok militan ini melakukan serangan pada Juni 2014. Militan ISIS juga menyerang Paris bulan lalu yang menewaskan 130 orang.

Prancis mengirim kapal induk ke wilayah itu. Jumlahnya tiga kali lipat lebih banyak dari kontingen pesawat tempurnya yang terlibat dalam serangan terhadap ISIS, meskipun operasinya tetap terbatas, karena kurangnya target yang jelas dan intelijen di wilayah tersebut. (al-arabiya.net)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home