Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 19:16 WIB | Kamis, 12 Juni 2014

Prediksi Piala Dunia 2014: Brasil vs Kroasia

Pertandingan Grup A Piala Dunia 2014: Brasil vs Kroasia (Foto: satuharapan.com)

SATUHARAPAN.COM – Kemenangan pada partai pembuka Piala Dunia 2014 akan menjadi sesuatu yang sangat berharga bagi Tim Nasional Brasil, guna mewujudkan misi meraih gelar juara dunia keenamnya tahun ini. Selain itu, kemenangan juga akan menjadi obat bagi kemarahan yang dilontarkan warga negeri samba kepada Presiden Brasil, Dilma Rousseff, dalam beberapa aksi demonstrasi, jelang penyelenggaran Piala Dunia 2014.

Pada laga pembuka, Brasil akan berjumpa dengan wakil benua Eropa, Kroasia, Jumat (13/6) dinihari WIB.

Sebagai salah satu negara favorit juara Piala Dunia 2014, Brasil lebih beruntung dibanding negara lainnya, seperti Jerman, Inggris, Italia, ataupun Spanyol, karena hingga kini Brasil tidak diterpa badai cedera. Hal tersebut memungkinkan pelatih Brasil, Luiz Felipe Scolari untuk menurunkan skuat utama sejak menit awal kontra Kroasia.

Meski demikian, bukan berarti Thiago Silva dan kawan-kawan jauh dari tekanan laga perdana. Bek kanan Brasil, Dani Alves mengaku gelisah jelang pertandingan perdana timnya di Grup A Piala Dunia 2014.

’’Bila anda tidak gelisah, berarti pertandingan ini tidak berharga,’’ ucap Alves, seperti dilansir dari thenational.ae.

Pemain bernomor punggung dua itu menyatakan bahwa timnya harus meraih tiga poin. Tujuannya, mengirim pesan kepada para pesaing Brasil di Piala Dunia 2014. Selain bersama Kroasia, di grup A, selecao (julukan tim nasional Brasil) akan berjumpa dengan Meksiko dan Kamerun. Jika tidak mampu mengalahkan Kroasia, Brasil diperkirakan menemui kesulitan pada laga selanjutnya.

’’Kemarin kami memang masih bisa tenang. Namun, laga semakin dekat, benak kami pun semakin dipenuhi kesenangan sekaligus kegelisahan. Laga pembuka ini terasa lebih spesial dibanding laga-laga pembuka lainnya,’’ kata salah satu penyerang Brasil, Jo, seperti dikutip dari goal.com.

Di kubu lawan, Kroasia, sedang menghadapi baberapa masalah. Penyerang andalan mereka, Mario Mandzukic dipastikan tidak tampil di laga kontra Brasil. Mandzukic masih menjalani sanksi kartu merah yang diterima dalam babak kualifikasi. Pelatih Kroasia, Niko Kovac pun diprediksi akan menjatuhkan pilihan pada penyerang berusia 34 tahun, Ivica Olic.

Selanjutnya, sisi kiri pertahanan Kroasia diprediksi akan menjadi salah satu kelemahan yang akan dimanfaatkan oleh Brasil. Seharusnya pada posisi ini Kovac meletakkan Ivan Strinic, namun akibat cedera nan dideritanya, Kovac terpaksa mencoret pemain milik Dnipro Dnipropetrovsk itu.

Danijel Pranjic diperkirakan menjadi pengisi lubang nan ditinggalkan Strinic, namun saat Pranjic menempati posisi tersebut dalam laga kontra Inggris, pada 2008, ia meninggalkan catatan buruk. Theo Walcott mampu menciptakan hat trick pertama sepanjang karirnya bersama tim nasional Inggris, pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2010 Zona Eropa tersebut.

Kali ini, dalam laga menghadapi Brasil di Piala Dunia 2014, Pranjic diperkirakan bertemu dengan pemain yang memiliki postur lebih besar, yaitu Hulk, pemain Zenit Saint Petersburg yang memiliki tinggi 178 cm dan berat badan 76 kg.

Namun, bukan berarti tim yang berhasil menjadi juara ketiga pada Piala Dunia 1998 itu tidak memiliki peluang mencuri kemenangan dari Brasil. Karena, beberapa pemain tenar dan hebat berada dalam skuat negara pecahan Yugoslavia itu. Sebut saja Ivan Rakitic (Sevilla), Luka Modric (Real Madrid), Mateo Kovacic (Inter Milan), dan Ivan Perisic (Wolfsburg).

Perkiraan Formasi (Brasil Vs Kroasia)

Brasil (4-2-3-1): Julio Cesar (penjaga gawang), Alves, Luiz, Silva, Marcelo, Gustavo, Paulinho, Hulk, Oscar Neymar, Fred

Cadangan: Jefferson (penjaga gawang), Dante, Maicon, Maxwell, Fernandinho, Willian, Bernard, Jo

Kroasia (4-2-3-1): Pletikosa (penjaga gawang), Srna, Lovren, Corluka, Pranjic, Vukojevic, Modric, Perisic, Rakitic, Kovacic, Olic

Cadangan: Subasic (penjaga gawang), Vida, Schildenfeld, Vukojevic, Sammir, Brosovic

Enam Laga Terakhir Kedua Tim

Brasil:

6 Juni 2014         Brasil 1-0 Serbia

3 Juni 2014         Brasil 4-0 Panama

5 Maret 2014      Afrika Selatan 0-5 Brasil

20 Nov 2013        Brasil 2-1 Cile

17 Nov 2013        Brasil 5-0 Honduras

Kroasia:

7 Juni 2014          Kroasia 1-0 Australia

31 May 2014        Kroasia 2-1 Mali

 5 Mar 2014         Swiss 2-2 Kroasia

19 Nov 2013         Kroasia 2-0 Islandia

15 Nov 2013         Iceland 0-0 Kroasia

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home