Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 13:27 WIB | Kamis, 25 Februari 2016

Presiden Akan Lantik Pendiri Seknas Jokowi sebagai Dubes

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. (Foto: Dok. satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, akan melantik pendiri Sekretariat Nasional (Seknas) Jokowi, Helmy Fauzy, sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (Dubes LBBP) Republik Indonesia untuk Republik Arab Mesir yang berkedudukan di Kota Kairo.

Helmy diagendakan dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, hari Kamis (25/2) ini.

Seknas Jokowi merupakan salah satu barisan relawan yang dibentuk di Jakarta pada 11 Desember 2013 guna mendukung pencalonan Joko Widodo sebagai calon Presiden Republik Indonesia 2014-2019.

Selain sebagai pendiri Seknas Jokowi, Helmy merupakan penghuni Gedung Parlemen Senayan pada periode 2009-2014 lalu. Dengan status anggota Fraksi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Helmy menjadi anggota Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) dan Komisi I yang membidangi soal pertahanan, luar negeri, dan informasi.

Pada Pemilihan Umum Legislastif 2014, Helmy tidak mencalonkan diri kembali. Helmy memilih mendukung pencalonan diri istrinya, Dwi Ria Latifa, yang maju sebagai calon Anggota Legislatif DPR dari PDI Perjuangan daerah pemilihan Kepulauan Riau. Kini, istrinya berhasil masuk ke Gedung Parlemen Senayan dan menghuni Komisi III.

Selain Helmy, ada sembilan nama Dubes LBBP Republik Indonesia yang dilantik Presiden Jokowi hari ini, yaitu:

1. Alfred Tanduk Palembangan sebagai Dubes LBBP Republik Indonesia untuk Republik Kuba merangkap Persemakmuran Bahamas, Republik Dominika, Republik Haiti dan Jamaika, berkedudukan di Kota Havana.

2. Mohamad Wahid Supriyadi, sebagai Dubes LBBP Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, berkedudukan di Kota Moskow.

3. Ahmad Rusdi, sebagai Dubes LBBP Republik Indonesia untuk Kerajaan Thailand merangkap UNESCAP, berkedudukan di Kota Bangkok.

4. Muhammad Ibnu Said, sebagai Dubes LBBP Republik Indonesia untuk Kerajaan Denmark merangkap Republik Lithuania, berkedudukan di Kota Kopenhagen.

5. Mayjen TNI (Mar) (Pur) Mochammad Luthfie Witto’eng, sebagai Dubes LBBP Republik Indonesia untuk Republik Bolivarian Venezuela merangkap Persemakmuran Dominika, Grenada, Saint Lucia, Saint Vincent dan The Grenadines, Republik Trinidad dan Tobago, berkedudukan di Caracas.

6. Husin Bagis, sebagai Dubes LBBP Republik Indonesia untuk Persatuan Emirat Arab, berkedudukan di Kota Abu Dhabi.

7. Soehardjono Sastromihardjo, sebagai Dubes LBBP Republik Indonesia untuk Republik Kenya merangkap Republik Demokratik Kongo, Republik Mauritius, Republik Seychelles, Republik Federal Somalia, Republik Uganda, UNEP dan UN-HABITAT, berkedudukan di Kota Nairobi.

8. Drs Bambang Antarikso MA, sebagai Dubes LBBP RI untuk Republik Irak, berkedudukan di Baghdad.

9. Eddy Basuki, sebagai Dubes LBBP Republik Indonesia untuk Republik Namibia merangkap Republik Angola, berkedudukan di Kota Windhoek.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home