Loading...
INDONESIA
Penulis: Prasasta Widiadi 12:16 WIB | Sabtu, 18 Juli 2015

Presiden Joko Widodo Sesalkan Insiden Tolikara

Ilustrasi: Presiden Jokowi saat berkunjung ke Papua beberapa waktu lalu. (Foto: Dok. satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Staf  Khusus Presiden Lenis Kogoya mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo menyesalkan dan meminta maaf atas insiden yang terjadi di Tolikara, Papua pada Jumat (17/7).

"Ini musibah dan atas nama Presiden, saya memohon maaf," kata Lenis dalam jumpa pers di Kantor Staf Khusus Presiden Gedung Sekretariat Negara Jakarta, Sabtu (18/7).

Ia menyebutkan dirinya sudah melaporkan insiden itu kepada Presiden melalui Sekretaris Pribadi dan juga kepada Seskab Andi Widjajanto pada Jumat malam.

"Saya juga minta izin untuk menggelar jumpa pers pada pagi ini," kata dia.

Ia menyebutkan pemerintah akan segera membangun kembali bangunan yang rusak atau terbakar termasuk rumah dan pasar.

"Tanggal 29 Juli ini saya akan sana, kami akan selidiki, jangan khawatir negeri ini kaya," kata Lenis yang juga Kepala Suku Papua.

Ia menyebutkan berdasar laporan dari Masyarakat Adat Papua, akibat kejadian itu satu orang meninggal dan 12 orang mengalami luka.

"Ini sudah ada pelanggaran hukum. Siapa yang melakukan tindakan kekerasan harus diproses secara hukum," kata dia.

Ia menilai kejadian itu merupakan musibah karena datang tiba-tiba. Ia menyebutkan berdasar kalender nasional, tanggal 17-18 Juli 2015 sudah ada agenda nasional sehingga semua pihak di daerah harusnya saling berkoordinasi dan berkomunikasi.  "Perlu ditanyakan kepada pemda, polres, gereja dan pihak lain apa pernah bicara soal agenda di kalender ini atau tidak. Jangan sampai yang disalahkan hanya masyarakat," kata dia.

Ia menyebutkan tanggal 25 Desember juga ada agenda nasional sehingga orang harus menghormati dan memberi kesempatan kepada orang untuk menjalankan ibadah. (Ant)

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home