Loading...
DUNIA
Penulis: Eben Ezer Siadari 09:52 WIB | Rabu, 10 Desember 2014

Presiden Mesir akan Berkunjung ke Tiongkok

Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi (Foto: telegraph.co.uk)

KAIRO, SATUHARAPAN.COM – Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi akan melawat ke Tiongkok untuk pertama kali sejak ia menang dalam pemilihan presiden pada Mei, kata kantor kepresidenan, Selasa.

Sisi yang telah melakukan beberapa lawatan ke luar negeri sebagai presiden, ingin membangun kembali posisi internasional Mesir yang rusak setelah ia menggulingkan pendahulunya Mohamed Morsi tahun lalu.

Mantan panglima angkatan darat, yang telah mengawasi penumpasan berdarah menyasar para pendukung Morsi, akan berada di Tiongkok pada 23-24 Desember, kata kantornya.

Sisi akan mengadakan pembicaraan mengenai bagaimana mendorong hubungan ekonomi dan pariwisata antara dua negara tersebut.

Beberapa pejabat Tiongkok termasuk Menteri Luar Negeri Wang Yi telah mengunjungi Mesir sejak pemilihan Sisi.

Moursi sendiri mengunjungi Tiongkok pada 2012, dan ia menandatangani perjanjian-perjanjian untuk mendapatkan kendaraan polisi buatan Tiongkok dan pinjaman senilai 200 juta dolar AS bagi Bank Nasional Mesir.

Perdagangan Mesir dengan Tiongkok tercatat 8,8 miliar (setara Rp108,53 triliun) pada 2011, naik 40 pesren dari tahun 2008.

Diundang Secara Khusus

Bulan lalu Sisi menerima Meng Jianzhu, utusan khusus Presiden China Xi Jinping dan sekretaris Komisi Pusat Politik dan Hukum Partai Komunis Tiongkok.

Utusan Tiongkok tersebut menyampaikan undangan Presiden Xi kepada presiden Sisi  untuk mengunjungi Tiongkok Desember ini.

Juru Bicara Kepresidenan Alaa Yousef mengatakan hubungan antara kedua negara akan ditingkatkan ke tingkat "kemitraan strategis komprehensif" yang mengikat kedua negara. Dia juga memuji langkah-langkah yang diambil oleh presiden Sisi untuk meningkatkan pembangunan di tingkat ekonomi dan sosial.

"Tiongkok menghargai hubungan dengan Mesir sebagai mitra strategis dan tertarik untuk meningkatkan hubungan dengan Mesir di segala bidang, kata Jianzhu.

Dia menambahkan bahwa negaranya mendorong perusahaan Tiongkok berinvestasi di Mesir dan mengambil bagian dalam proyek-proyek  raksasa.

Sementara itu Sisi menyatakan kekaguman rakyat Mesir kepada pengalaman dan prestasi besar Tiongkok. Menurut dia, Mesir mengharap nvestasi Tiongkok di Mesir lebih banyak lagi di masa depan terutama proyek yang saat ini sedang dilaksanakan oleh pemerintah Mesir yaitu Terusan Suez yang baru.

Menteri Dalam Negeri Mohammad Ibrahim, Menteri Luar Negeri Sameh Shoukri dan duta besar Cina di Kairo menghadiri pertemuan tersebut. (AFP/Ant/AllAfrica.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home