Loading...
INDONESIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 15:11 WIB | Jumat, 21 Februari 2014

Presiden RI: Penanganan Bencana Kelud Berjalan Baik

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono makan bersama para pengungsi letusan Gunung Kelud. (Foto: setkab.go.id)

KEDIRI, SATUHARAPAN.COM – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyimpulkan dari hasil kunjungannya ke Kediri, Blitar, Batu, dan Malang yang dimulai pada 16-18 Februari 2014, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi, kabupaten, maupun kota, juga TNI dan Polri, telah bergerak cepat dalam membantu korban bencana letusan Gunung Kelud.

Bantuan dari berbagai unsur masyarakat termasuk Basarnas, BRI, BNI, PMI, Tagana, PLN, Telkom, relawan, universitas dan mahasiswa, serta beberapa dari badan usaha lainnya, juga terlihat nyata dalam membantu korban bencana Gunung Kelud.

“Masyarakat kooperatif dan mengikuti apa yang disampaikan pemerintah dan BNPB. Sungguh merupakan model dan contoh yang baik,” kata Presiden melalui akun Twitter pribadinya pada Rabu (19/2) malam.

Presiden juga mengatakan apa yang dilakukan dalam penanganan pascaletusan Gunung tersebut menunjukkan hasil pelatihan dan persiapan yang baik. Evakuasi masyarakat menuju tempat pengungsian berjalan aman, cepat, dan terkendali.

Dia juga berharap hal yang sama akan berjalan dengan baik ketika mengembalikan pengungsi ke desa masing-masing.

Mengenai kerusakan dan kerugian akibat letusan Gunung Kelud, Presiden menegaskan Pemerintah Jawa Timur telah mempersiapkan anggaran dan pembangunan kembali daerah yang terkena bencana.

“Sebagaimana yang berlaku di daerah lain, pemerintah pusat berkewajiban memberikan bantuan dana dan logistik sesuai yang dibutuhkan,” Presiden menjelaskan. (setkab.go.id)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home